Kominfo Dihina 'Idiot' oleh Hacker Bjorka, Menkominfo Johnny Plate: Jangan Terpancing Kata-Kata Tidak Etis

| 07 Sep 2022 21:55
Kominfo Dihina 'Idiot' oleh Hacker Bjorka, Menkominfo Johnny Plate: Jangan Terpancing Kata-Kata Tidak Etis
Menkominfo Johnny G. Plate. (Foto: Antara)

ERA.id - Menteri Kominikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate tak mau terpancing dengan kata-kata yang tak etis. Hal ini menanggapi sindiran hacker Bjorka yang menyebut Kominfo 'idiot'.

Johnnya mengatakan, jangan sampai mengotori ruang digital dengan kata-kata yang tidak etis.

"Terminologi kata-kata kalau dalam ruang digital kita, kita menggunakan kata-kata yang tidak etis dan terpancing dengan tidak etis, kita mendorong ruang digital kita kotor, apa mau kita seperti itu?" kata Johnny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Johnny mengatakan, hacker seperti Bjorka adalah pihak yang tidak paham undang-undang. Dia menegaskan, para peretas itu sangat jelas sudah melanggar aturan dengan membobol dan membocorkan data pribadi masyarakat.

Di samping itu, penggunaan kata-kata yang tidak etis juga bukan bagian dari budaya di Indonesia. Karena itu, Johnnya berpesan agar tidak ada pihak yang terpancing dengan ucapan para peretas.

"Sudah melakukan pelanggaran berupa kebocoran data, menggunakan terminologi yang tidak etis dan tidak sejalan dengan kultur kita, itu kan tidak baik," kata Johnny.

"Jangan kita ikut-ikutan yang seperti itu. Marilah kita sama-sama gunakan terminologi sesuai budaya kita, sesuai dengan etika universal yang diterima secara umum," ujarnya.

Belakangan publik dihebohkan dengan adanya dugaan kebocoran data pribadi. Hal itu terungkap dari unggaan Bjorka di Breached Forums atau Breached.to.

Bjorka mengklaim terdapat data itu dari KPU sebanyak 105.003.428 penduduk, meliputi data NIK, KK, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, dan usia.

Sebelumnya Bjorka juga mengungkapkan terjadinya kebocoran data hasil registrasi ulang SIM Card sebanyak 1.304.401.300 data.

Menanggapi hal tersebut Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan berpesan pada Bjorka agar tidak lagi melakukan tindakan ilegal.

"Kalau bisa jangan menyerang. Tiap kali kebocoran data yang dirugikan ya masyarakat, kan itu perbuatan illegal access," kata Sammy di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (5/9).

Bjorka menanggapi pesan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dilontarkan beberapa hari lalu. Respons ini dia unggah di sebuah situs breached.to.

"STOP BEING AN IDIOT (Setop menjadi idiot)," kata Bjorka, dikutip Rabu (7/9/2022).

Rekomendasi