Semakin Panas, Rusia Akhirnya Deklarasi Perang Nuklir dengan Ukraina, Benarkah?

| 12 Sep 2022 10:02
Semakin Panas, Rusia Akhirnya Deklarasi Perang Nuklir dengan Ukraina, Benarkah?
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Beredar postingan video di Facebook yang diklaim sebagai Rusia mendeklarasikan perang nuklir melawan Ukraina.

tangkapan layar

PENJELASAN

Dikutip dari Jalahoaks pada Senin (12/9/2022), berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa video tersebut tidak benar. Dari hasil penelusuran, diketahui bahwa isi video merupakan pembacaan sejumlah pemberitaan dari sejumlah media dan tidak ditemukan Rusia mendeklarasikan perang nuklir melawan Ukraina. Berikut artikel berita yang dinarasikan dalam video tersebut:

1. Artikel berjudul “Dubes Jose Tavares: Perang NATO Vs Rusia Bisa Bikin Kiamat” yang tayang di liputan6.com pada 19 Februari 2022.

2. Artikel berjudul “AS, NATO dan Jerman Tidak Berani Terlibat Perang Rusia di Ukraina, Ini Sebabnya” yang tayang di kabar24.bisnis.com pada 10 Maret 2022.

3. Artikel berjudul “Akankah NATO Menyerang Rusia? Simak Penjelasan Lengkapnya” yang tayang di sindonews.com pada 31 Agustus 2022.

4. Artikel berjudul “Perang Ukraina: Tiga skenario berisiko menyeret NATO perang langsung dengan Rusia dan memperparah konflik” yang tayang di bbc.com pada 11 April 2022.

Dari keempat artikel itu tidak ditemukan pernyataan Presiden Vladimir Putin mendeklarasikan perang nuklir melawan Ukraina.

KESIMPULAN

Klaim video yang menyatakan Rusia mendeklarasikan perang nuklir melawan Ukraina tidak benar. Faktanya, isi video merupakan pembacaan artikel berita dari sejumlah media yang tidak ditemukan pernyataan deklarasi perang nuklir dari pihak Rusia.

Rekomendasi