Demi Puan Maharani jadi Capres 2024, Fraksi Banteng di Senayan Serius Bentuk Dewan Kolonel, Apa Itu?

| 20 Sep 2022 16:55
Demi Puan Maharani jadi Capres 2024, Fraksi Banteng di Senayan Serius Bentuk Dewan Kolonel, Apa Itu?
Puan Maharani (Gabriella Thesa Widiari/Era.id)

ERA.id - Sekitar tiga bulan lalu, enam orang anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan sepakat membentuk Dewan Kolonel. Tim khusus itu untuk memuluskan jalan Ketua DPR RI yang juga Ketua DPP PDIP Puan Maharani menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Usulan pembentukan Dewan Kolonel itu pertama kali dicetuskan oleh Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP Johan Budi Sapto Pribowo.

"Saya usul, kita bentuk saja tim. Saya sebut Dewan Kolonel itu," kata Johan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Johan mengaku usulan Dewan Kolonel itu bukan hanya sekadar usulan sambil bercanda, melainkan sebuah usulan yang sangat serius.

"Serius. Serius ini," tegas Johan.

Awal mulanya, Dewan Kolonel beranggotakan enam orang. Mereka di antaranya yaitu Trimedya Panjaitan, Hendrawan Supratikno, Masinton Pasaribu, Johan Budi, hingga Agustina Wilujeng Pramestuti.

Keenam orang itu mengaku sebagai pendukung garis keras alias die hard Puan Maharani. Mereka juga menginginkan agar putri bungsu Megawati Soekarnoputri itu bisa dimajukan dan diusung sebagai capres 2024.

"Gimana nih kita yang mendukung Mbak Puan, gimana kalau kita bikin tim. Tim yang ikut membantu Mbak Puan untuk jadi capres," kata Johan.

"Kami sepakat. Saya yang ngusulin, kita bentuk Dewan Kolonel," imbuhnya.

Seiring berjalannya waktu, anggota Dewan Kolonel itu bertambah jumlahnya. Hingga kini totalnya ada 12 orang.

Belakangan pula Ketua Fraksi PDIP yang juga Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDIP Utut Adianto dan Sekretaris Fraksi PDIP yang juga Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDIP Bambang Wuryanto alias Bambag Pacul, didapuk menjadi "jenderal" di Dewan Kolonel tersebut.

"Nah, kolonel kan pasti ada jenderal. Jenderalnya adalah Utut sama Pacul," kata Johan.

Mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu juga mengaku, Utut sudah menyampaikan kepada Puan tentang adanya Dewan Kolonel.

Puan mendengar fraksinya memberi dukungan untuknya agar maju di 2024 pun merestui terbentuknya Dewan Kolonel.

Agar gerak Dewan Kolonel semakin serempak, 12 anggota Fraksi PDIP DPR RI itu rajin berkonsolidasi di lantai 7 Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan. Lantai 7 diketahui merupakan ruang Fraksi PDIP di Senayan.

Baru sebulan belakangan ini, Dewan Kolonel memiliki tempat khusus untuk berkumpul. Dari informasi yang dihimpun, Dewan Kolonel bermaskas di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"Ada basecamp sebulan lalu. Sementara ini kita rapat-rapatnya kalau enggak ada tugas di sini, kita naik ke atas, ke lantai 7, diskusi," kata Johan.

Terpisah, Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan mengatakan setelah Dewan Kolonel terbentuk, seluruh anggotanya diwajibkan untuk lebih masif lagi mempromosikan Puan di daerah pemilihannya (dapil) masing-masing.

"Kalau bahasanya Pacul, bagaimana mewangikan mbak Puan di dapil kita masing-masing," kata Trimedya.

Rekomendasi