Menunggu Calon Direktur Penindakan KPK Baru

Tim Editor

Ketua KPK Agus Rahardjo (Wardhany/era.id)

Jakarta, era.id - Empat orang calon Direktur Penindakan (Dirdik) KPK telah melewati tahap tes wawancara dalam seleksi untuk mencari pengganti Aris Budiman. Empat orang tersebut terdiri dari 3 orang dari unsur Polri dan seorang dari unsur kejaksaan.

Jabatan ini kosong setelah ditinggalkan Aris Budiman ditarik pulang oleh lembaganya, Polri. Penarikan ini sekaligus membantah tentang adanya masalah etika yang dilakukan Aris ketika menghadiri rapat di DPR.

"Dirdik kita kemarin sudah lakukan tes. Ada dari kejaksaan, ada dari kepolisian dan ada dari internal," kata Ketua KPK Agus Rahardjo kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (1/8/2018).

Agus menyebut, bahwa hasil tes itu sudah ada. Namun, saat ini pihaknya tengah menunggu hasil dari background check. Pengecekan latar belakang para calon itu pun juga akan melibatkan KPK.

“Akan dicek track record yang bersangkutan. Kemudian, kami juga akan meminta data kepada PPATK untuk kemungkinan kalau ada transaksi yang tidak benar terhadap masing-masing calon. Dari situ kita baru kemudian menentukan," jelas Agus.

Empat orang calon Dirdik KPK tersebut adalah tiga berasal dari unsur Polri yaitu Arief Adiharsa, Yudhiawan, dan RZ Panca Putra. Sementara dari unsur kejaksaan yaitu Yudi Kristiana yang pernah pula menjadi jaksa di KPK. Sedangkan, seorang dari internal KPK belum diketahui siapakah calon yang dimaksud.

Tag: aris budiman kpk

Bagikan: