Gempa Susulan 5,6 SR Guncang Lombok

Tim Editor

Reruntuhan gempa Lombok (dok. Istimewa)

Lombok, era.id - Gempa susulan berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) kembali terjadi di Lombok Utara, NTB. Gempa hanya berjarak kurang dari satu jam dari gempa bumi sebelumnya yang berkekuatan 7,0 SR.

Informasi tersebut disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 19.49 WIB atau 20.49 Wita. Lokasi gempa berada di titik 8.28 LS dan 116.17 BT atau 15 km sebelah barat laut Lombok Utara.
 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, peringatan dini Tsunami telah diaktivasi. Masyarakat diminta untuk tetap waspada.

"Potensi tsunami terjadi di pantai Lombok Barat bagian utara dengan status waspada dan pantai Lombok Timur bagian Utara dengan status waspada," ucap Sutopo dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Minggu (5/8/2018). 

BNPB mengimbau masyarakat untuk menjauhi pesisir pantai maupun tepian sungai. "Kemungkinan air laut akan naik ke daratan tetapi kedalaman berkisar kurang dari 0,5 meter," lanjutnya.

Baca Juga: Gempa 7,0 SR Guncang Lombok 

Hingga berita ini dibuat, terlihat masyarakat berkumpul di lapangan terbuka maupun pinggiran jalan raya. Mungkin, karena takut untuk kembali ke rumahnya, mereka bertahan di luar rumah.

Untuk wilayah Kecamatan Ampenan, seluruh masyarakat mulai berbondong-bondong ke arah timur Kota Mataram, bergegas meninggalkan rumahnya untuk mencari lokasi yang lebih aman.

Kepanikan masyarakat terlihat akibat muncul informasi dari laman web BMKG yang menyatakan bahwa gempa bumi berkekuatan 7 SR tersebut berpotenai tsunami dengan posisi 8,37 LS-116,48 BT yang berlokasi 18 km arah barat laut Kabupaten Lombok Timur.

Namun, dari informasi yang tersiar dari patroli lapangan kepolisian, tidak ada tanda-tanda yang mengarah munculnya tsunami. Hingga berita ini dibuat, getaran gempa bumi masih terus terjadi. Namun gempa bumi yang dirasakan tidak sebesar gempa pertama.
 

Tag: gempa gempa ntb

Bagikan: