Korban Turis Asing Akibat Gempa Lombok Hoaks!

| 07 Aug 2018 12:38
Korban Turis Asing Akibat Gempa Lombok Hoaks!
Evakuasi wisatawan mancanegara (Foto: Twitter/@Sutopo)
Jakarta, era.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto membantah jatuhnya korban jiwa turis mancanegara di kawasan wisata Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno saat gempa dengan kekuatan 7 SR mengguncang wilayah-wilayah tersebut.

Jadi, intinya, kabar yang beredar soal meninggalnya turis mancanegara akibat gempa Lombok adalah hoaks. "Tidak ada itu. Benar jatuh korban jiwa, tapi bukan wisatawan mancanegara. Penduduk, dan pekerja lokal," kata Wiranto ketika meninjau di Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara, Selasa (7/8/2018).

Dilansir Antara, Wiranto menegaskan kalau semua wisatawan, baik domestik maupun mancanegara sudah dievakuasi untuk keluar dari tiga pulau itu. "Kan di sana banyak orang. Nah, yang korban itu adalah penduduk lokal dan orang yang bekerja di sana," ungkapnya.

Pasca gempa 7 SR yang mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB), hingga hari ini pukul 07.00 WITA, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi 230 kali gempa susulan. Dari jumlah tersebut, 16 gempa susulan dirasakan cukup kuat.

Tercatat, terjadi gempa bumi susulan berkekuatan 5,5 SR pada pukul 01.21 WITA di wilayah Sumbawa dengan pusat gempa terletak pada 8.18 LS dan 116.29 BT dengan kedalaman 10 kilometer.

Tags : gempa
Rekomendasi