Nama Asli Jokowi Adalah Herbertus Joko Widodo, Cek Faktanya

| 27 Oct 2022 10:25
Nama Asli Jokowi Adalah Herbertus Joko Widodo, Cek Faktanya
Tangkapan layar Turnbackhoax.id

ERA.id - Beredar melalui media sosial Facebook, unggahan yang menyebut jika nama asli presiden RI Joko Widodo adalah Herbertus Joko Widodo. Unggahan tersebut diketahui beredar pada 14 Oktober 2022 dan dibagikan oleh akun Facebook bernama Sari Novita.

“ HAI UMAT ISLAM…”

KAMI BARISAN LASKAR KRISTUS SIAP MEMERANGI SIAPAPUN YANG MENGHALANGI PRESIDEN KAMI HERBERTUS JOKO WIDODO UNTUK 2 PERIODE…KAMI AKAN JADIKAN KALIAN UMAT ISLAM SPT APA YG MENIMPA SAUDARA KALIAN DI MYANMAR…SURIA..MAUPUN DI PALESTINA….CAMKAN ITU

Turnbackhoax.id

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Kamis (27/10/2022), Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa unggahan Sari Novita di Facebook tersebut merupakan hoaks berulang yang sudah beredar sejak tahun 2017 silam. Artikel periksa fakta yang membahas seputar nama asli Jokowi telah dibahas sebelumnya pada situs turnbackhoax.id dengan artikel-artikel berjudul

[FITNAH] Jokowi Nama Lahirnya Herberthus”, “[SALAH] “Inisial “H” di Nama Jokowi Ternyata Kepanjangan dari Herbertus””, dan “[SALAH] Jokowi Akan Dibaptis Ulang dan Mengganti Nama Menjadi Herbartus”.

Faktanya inisial “H” pada nama depan Jokowi bukanlah singkatan dari Herbertus melainkan “Haji”. Melansir dari Tempo.co, Jokowi telah menegaskan hal tersebut.

“Saya kan sudah haji, istri saya hajah,” pungkas Jokowi.

Jokowi juga turut menyampaikan jika seluruh keluarganya sudah menunaikan ibadah haji.

“Saya tak mau riya, tapi ini perlu saya sampaikan untuk membantah semua isu yang ada,” jelasnya.

Berdasar pada seluruh referensi, unggahan akun Facebook Sari Novita tidak sesuai fakta. Unggahan tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Tags : Cek faktanya
Rekomendasi