Bawa Ramalan Jayabaya Saat Ceramah, Gus Miftah Sebut Nama Pemimpin Mendatang Berakhiran "O", Jemaah: Ganjar Pranowo!

| 29 Oct 2022 10:25
Bawa Ramalan Jayabaya Saat Ceramah, Gus Miftah Sebut Nama Pemimpin Mendatang Berakhiran
Gus Miftah usai memberi ceramah di Magelang, Jumat (28/10). (Istimewa)

ERA.id - Penceramah kondang, Gus Miftah menyatakan dukungannya terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk memimpin Indonesia. Dukungan itu bahkan disampaikan lewat selawat dan ramalan Jangka Jayabaya.

"Menurut ramalan Jayabaya, pemimpin hebat di Indonesia itu namanya berakhiran huruf 'o'. Pak Soekarno, Soeharto, Susilo Bambang Yudhoyono, sekarang Joko Widodo. Setelah Pak Joko Widodo, besok siapa?" tanya Gus Miftah saat berceramah di puncak Gunung Tidar Magelang, Jumat (28/10).

"Ganjar Pranowo," teriak ribuan jemaah yang memadati daerah yang disebut Puser Bumi itu. Video ceramah ini pun viral di media sosial.

Gus Miftah mengatakan sangat kenal dengan Ganjar. Ia bahkan menyebut Ganjar adalah sahabat dekat, bukan sekedar teman. Apalagi pada hari itu, Ganjar berulang tahun ke-54.

"Hari ini kita berkumpul untuk mendoakan Indonesia. Kebetulan bertepatan ultah Mas Ganjar. Beliau itu sahabat saya. Saya sangat dekat dengan beliau. Kita doakan beliau sehat dan sukses selalu. Dan di sini, di Puser Bumi ini kita berdoa mudah-mudahan ada pemimpin hebat dari Jawa Tengah," ucapnya.

Gus Miftah lalu mengajak ribuan jemaah untuk berselawat bersama sambil menyanyikan lagu Joko Tingkir. Dalam selawatnya itu, ia menyisipkan pesan bahwa masyarakat tidak perlu khawarir tentang masa depan bangsa, karena ada Ganjar Pranowo untuk Indonesia.

"Minum kopi rasanya nikmat. Pergi ke pasar beli ketela. Mari ngaji dan bersholawat. Ada mas Ganjar untuk indonesia," ucap Gus Miftah sambil bernyanyi diikuti ribuan jemaah.

Usai tausiah, Gus Miftah mengatakan Ganjar terbukti sukses memimpin Jawa Tengah. Banyak prestasi yang diraih selama menjadi gubernur dua periode di Jateng.

"Kepemimpinan seseorang itu kan bisa dikatakan husnul khotimah ketika sampai akhir masa jabatannya meninggalkan prestasi dan tidak ada masalah. Dan alhamdulillah saya melihat Mas Ganjar termasuk kategori itu, meninggalkan prestasi dan tidak ada masalah. Saya doakan Mas Ganjar panjang umur, sehat selalu," katanya.

Menurutnya, Ganjar sosok rendah hati, sederhana, dan merakyat. "Pokoknya Tugiman," ucapnya sambil tertawa mengacu sebutan Ganjar di media sosial.

Rekomendasi