Polda Metro Jaya Mendadak Gelar Tes Urine untuk Personelnya, Apa Hasilnya?

| 31 Oct 2022 20:27
Polda Metro Jaya Mendadak Gelar Tes Urine untuk Personelnya, Apa Hasilnya?
Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Mukti Juharsa (kedua kiri) pimpin tes urine dadakan terhadap personel Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Senin (31/10). ANTARA/HO-Polda Metro Jaya

ERA.id - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya menggelar tes urine dadakan kepada seluruh personelnya tanpa terkecuali mulai dari jajaran perwira hingga bintara.

"Hari ini kita lakukan cek urine mulai dari Direktur, Wadir dan Kasubdit, kemudian baru anggota. Jika positif narkoba langsung proses," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Mukti Juharsa di Jakarta, Senin (31/10/2022).

Dalam Inspeksi dadakan tersebut, tercatat sebanyak 434 personel yang dilakukan tes urine dengan seluruhnya dinyatakan negatif narkoba.

Tes tersebut juga dilaksanakan oleh personel Bidokkes dan dengan pengawasan dari Propam Polda Metro Jaya.

"434 personel Ditresnarkoba dilakukan cek urine dan hasilnya keseluruhan negatif narkoba," ujar Mukti.

Mukti mengatakan tes urine tersebut dilakukan secara mendadak tanpa pemberitahuan, seraya mengatakan hal itu adalah bukti keseriusan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya demi memastikan personel yang bertugas memberantas narkoba tidak terlibat penyalahgunaan narkotika.

"Ini adalah kegiatan rutin yang terus kita lakukan secara 'random' atau acak untuk mengantisipasi adanya anggota yang mengonsumsi narkoba," ujarnya.

Mukti juga memperingatkan seluruh kepada personel Ditresnarkoba Polda Metro untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Oknum anggota yang terbukti terlibat kasus narkotika akan diberikan sanksi tegas sesuai hukum yang berlaku.

"Kami juga memberikan 'warning' atau peringatan kepada anggota untuk tidak main-main dengan narkoba. Jika ada yang terbukti positif mengkonsumsi narkoba, saya selaku pimpinan tidak segan memberikan sanksi tegas baik pemecatan ataupun pidana," katanya.

Rekomendasi