300 Investor Lirik Program DP Nol Rupiah

| 07 Dec 2017 15:03
300 Investor Lirik Program DP Nol Rupiah
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (LEO/era.id)
Jakarta, era.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan akan ada 300 pengusaha asal Timur Tengah yang berinvestasi di wilayah DKI Jakarta. Ia mengklaim kedatangan ratusan investor tersebut hasil kunjungannya ke Dubai, Arab Saudi beberapa pekan lalu.

Menurut Sandi, para pengusaha Timur Tengah itu tertarik berinvestasi di sektor rumah murah. Ketertarikan itu diharapkan cocok dengan program unggulan pembangunan rumah DP (down payment) nol rupiah yang sedang diupayakan Pemprov DKI.

"Mereka sangat tertarik untuk perumahan murah, affordable housing, yang seandainya cocok bisa dikaitkan dengan program rumah dengan DP nol rupiah," ujar Sandi di Balai Kota Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2017).

Program rumah DP nol rupiah yang diusung Pemprov DKI masih mendapat sorotan tajam masyarakat terkait besarnya anggaran pembebasan lahan. 

Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2018 menyebutkan pembebasan lahan program rumah DP nol rupiah mencapai Rp798,1 miliar. Anggaran besar itu menurut masyarakat tidak jelas peruntukkannya. 

Dalam kesempatan yang berbeda Sandi pernah menjelaskan anggaran itu tidak hanya untuk pembebasan lahan tetapi juga untuk pengendalian air dalam mengantisipasi hujan lebat. Pemprov DKI telah menyiapkan lokasi untuk program rumah DP nol rupiah di bilangan Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Aktualisasi program tersebut berupa rumah susun milik sendiri (rusunami).

Tags :
Rekomendasi