Berantas Polio, Nigeria Ngutang ke World Bank

Tim Editor

    Ilustrasi (pixabay)

    Abuja, era.id - Nigeria meminjam 150 juta dolar AS (sekitar Rp2,1 triliun) kepada Bank Dunia untuk mendanai pemberantasan polio serta peningkatan imunisasi.

    Dilansir dari Antara, Kamis (9/8/2018), pinjaman Bank Dunia untuk 20 tahun tersebut dikenai bunga 1,25 persen dan tidak dikenai kewajiban untuk dibayar selama lima tahun.

    Dana itu akan digunakan di 12 negara bagian, terutama di wilayah utara Nigeria. Saat ini, beberapa daerah di Nigeria utara mengalami gempuran serangan oleh kelompok Boko Haram.

    Kementerian Keuangan Nigeria mengatakan, pinjaman itu akan membantu pemerintah mencapai dan melanjutkan 80 persen pencakupan vaksin polio oral di setiap negara bagian di Nigeria serta meningkatkan program imunisasi, sebagai bagian dari upaya pemberantasan polio secara global.

    Milioner pendiri Microsoft, Bill Gates, mengatakan kepada Reuters, pada Maret, Yayasan Bill & Melinda Gates yang dipimpinnya, sedang mendorong vaksinasi polio di Nigeria utara dan Chad.

    Bill & Melinda Gates Foundation sejauh ini telah menjanjikan 1,6 miliar dolar AS di Nigeria, yang menjadi investasi terbesar yayasan itu di Afrika.

    Pada Juni, Bank Dunia menyetujui pinjaman senilai 2,1 miliar dolar AS untuk mendanai proyek di Nigeria.

    WHO mencatat, Nigeria merupakan salah satu dari tiga negara di Bumi yang masih terkena polio, bersama Pakistan dan Afghanistan. 

    Padahal, negara ini hampir berhasil menumpas virus tersebut. Bahkan, targetnya, pada Juli 2019, negara itu bisa dikatakan bebas polio. 

    Namun, pada 2016, dilaporkan adanya penderita polio setelah hilang selama dua tahun dua tahun belakangan. Total ada 22 orang yang menderita virus ini hingga tahun lalu.

    Tag: pohon baobab di afrika mati wabah penyakit

    Bagikan :