Penonton WSBK 2022 Mandalika Hari Kedua Baru 40 Persen, Hari Pertama Sepi Penonton

| 12 Nov 2022 17:25
Penonton WSBK 2022 Mandalika Hari Kedua Baru 40 Persen, Hari Pertama Sepi Penonton
Penonton WSBK 2022 di tribun Delux Sirkuit Mandalika. (ANTARA/Akhyar)

ERA.id - Ajang balapan World Superbike (WSBK) 2022 diadakan di Sirkut Mandalika dan berlangsung selama tiga hari, 11-13 November. Namun, jumlah penonton di hari kedua baru mencapai 40 persen dari total target 45 ribu penonton.

"Di hari kedua WSBK ini penonton yang datang cukup banyak, sekitar 40-45 persen. Kalau hari pertama memang sepi, karena tidak ada tiket yang dijual," kata Komandan Lapangan WSBK Mandalika Jamaluddin Maladi dalam acara konferensi pers di Media Center Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (12/11/2022).

Sebelumnya, sesi latihan di hari pertama balapan WSBK sepi penonton. Dari pantauan terlihat kursi-kursi di seluruh tribun baik di Zona A, B, dan C banyak yang kosong.

Begitu juga di Zona H, I, J dan K. Beberapa kursi hanya diisi oleh petugas pengendali kerumunan serta stakeholder yang sedang bertugas. Padahal pengelola sudah memberikan fasilitas tiket gratis untuk menonton.

Jamaluddin memastikan penonton akan ramai pada hari terakhir balapan, Minggu (13/11/2022). Ia mengatakan jumlah tiket yang terjual mencapai 38 ribu, sehingga diperkirakan penonton akan hadir pada hari kedua dan ketiga balapan.

"Kita berharap penonton WSBK di Mandalika ini bisa lebih banyak dari penonton WSBK Inggris," katanya.

Pada hari kedua, dari pantauan tampak tribun penonton di Zona A, B, C, H, I, J, dan K terisi cukup banyak, meskipun masih banyak yang kosong. Sementara tribun Delux terlihat ramai penonton serta penonton tiket festival yang menyaksikan balapan.

Seorang warga Lombok Timur yang menonton WSBK, Muhammad (30) mengakui sepinya penonton karena memang tidak ada penjualan tiket di hari pertama.

"Hanya ada satu dua orang yang terlihat duduk di kursi tribun penonton," ujarnya. "Kemungkinan besok baru ramai, karena hari itu race-nya."

Hal serupa juga diungkapkan salah satu warga yang berada di area Sirkuit Mandalika, Kus (36). Ia mengakui jumlah penonton hari pertama WSBK 2022 jauh menurun dibandingkan saat hari pertama WSBK 2021.

"Kalau dulu penonton sampai ada yang menonton di bukit-bukit sekitar sirkuit. Saking ingin melihat balapan yang pertama kali di Mandalika," ujarnya.

Meski begitu, ia memaklumi sepinya penonton di hari pertama WSBK, karena baru sesi latihan bebas pertama sehingga warga kurang antusias.

Rekomendasi