Survei Indikator: Elektabilitas Ridwan Kamil Sebagai Cawapres Tertinggi Dibanding Calon Lain

| 01 Dec 2022 22:00
Survei Indikator: Elektabilitas Ridwan Kamil Sebagai Cawapres Tertinggi Dibanding Calon Lain
Ridwan Kamil (Antara)

ERA.id - Ridwan Kamil menempati posisi teratas pilihan publik sebagai tokoh yang dianggap paling pantas menjadi calon wakil presiden (Cawapres) 2024. Hasil ini tergambar dari survei terbaru yang dilakukan Indikator Politik Indonesia dan Charta Politika.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, nama Ridwan Kamil muncul usai pihaknya menawarkan simulasi dengan tiga calon presiden, yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto pada responden.

Pihaknya mencatat pendukung Anies banyak memilih Ridwan Kamil, diikuti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sandiaga sebagai cawapresnya. "Basis Mas Anies itu cenderung terbagi ke tiga nama, ada pendukung Anies yang memilih Ridwan Kamil ada yang memilih Pak AHY, ada yang memilih Pak Sandi," kata Burhanuddin dalam jumpa pers virtual, Kamis (1/12/2022).

Sedangkan, pendukung Ganjar Pranowo lebih cenderung memilih Ridwan Kamil sebagai pendampingnya. Demikian pula pendukung Prabowo cenderung memilih Ridwan Kamil.

Dalam simulasi yang dilakukan Indikator, Ridwan Kamil mendapat elektabilitas 19,7 persen. Disusul AHY 16,3 persen, Sandiaga Uno 12,8 persen, Erick Thohir 9,6 persen dan Khofifah Indar Parawansa 5,3 persen.

Berikutnya, Andika Perkasa 3,3 persen, Puan Maharani 3,1 persen, Tri Rismaharini 2,7 persen, Susi Pudjiastuti 2,2 persen, Mahfud MD 2,0 persen, Airlangga Hartarto 1,6 persen dan Gatot Nurmantyo 1,3 persen.

Sementara dalam bursa Capres, nama Ridwan Kamil juga menguat sebagai tokoh di bawah Ganjar, Anies dan Prabowo. Ridwan Kamil dinilai stabil dibawah tiga tokoh tersebut.

"Pada Agustus 2022, ada peristiwa apa yang membuat suara Ridwan Kamil melejit, dan sempat turun di September kemudian naik sedikit. Di simulasi semi terbuka suara Ridwan Kamil di kisaran 7%-an. Artinya, meskipun tragedi (hilangnya putra RK) sudah berlalu RK masih dapat 7-8%," katanya.

Survei tersebut dilakukan pada 30 Oktober-5 November 2022. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.220 orang. Margin of error survei ini sekitar +-2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebelumnya hasil survei Charta Politika Indonesia menempatkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di peringkat teratas sebagai calon wakil presiden dengan angka 22.5 persen.

Elektabilitas Ridwan Kamil di bursa Cawapres mampu menyalip Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang kini berada di posisi kedua dengan 18.3 persen. Sementara di tempat ketiga ada ketua umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan tingkat elektabilitas 9.0 persen.

Rekomendasi