Di Depan Zulhas dan Erick Thohir, Ganjar Ajak Berguru pada Orang Minang

| 02 Dec 2022 15:15
Di Depan Zulhas dan Erick Thohir, Ganjar Ajak Berguru pada Orang Minang
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di acara PAN Jateng, Jumat (2/12). (Dok. Pemprov Jateng)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyinggung cerita Sang Proklamator, Soekarno-Hatta. Sikap kenegarawanan mereka patut dicontoh oleh generasi penerus dalam menghadapi perbedaan. Ganjar juga mengajak untuk berguru pada orang Minang dalam menyiapkan masa depan.

Hal itu disampaikan Ganjar dalam sambutannya di acara Rakor DPW PAN Jawa Tengah di Hotel Grasia, Semarang, Jumat (2/12). Acara itu dihadiri Ketua Umum PAN sekaligus Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Thohir.

“Indonesia lahir dari perbedaan, bukan cuma suku, agama, ras, dan golongan, tapi juga pilihan politik,” kata Ganjar.

Menurutnya, perbedaan bangsa dan negara ini mesti dikelola bersama agar bisa seiring dan berjalan. Contoh aktual pendiri bangsa yang patut ditiru semangatnya adalah Soekarno-Hatta.

Ganjar lantas menyinggung perbedaan pandangan dan pemikiran keduanya. Di balik itu, tokoh Proklamator bisa bersatu dan membawa Indonesia pasca kemerdekaan menjadi bangsa yang diperhitungkan.

“Soekarno Hatta selamanya menjadi Dwitunggal, bukan Dwitanggal. Artinya, pendiri senior-senior kita sungguh punya kenegarawanan yang luar biasa hebat. Saya kira kita generasi berikutnya harus mengikuti,” ujarnya.

Dinamika politik, kata Ganjar, harus dipahami bersama. Ia mengatakan, urusan pemilu itu hanya loyalitas lima tahunan. Maka sudah sepatutnya siapa pun harus menjaga persatuan.

“Ngapain kita bertengkar, ngapain cerita lima tahunan itu harus membelah diri kita. Siapa pun yang menang kita akan salaman. Itu sesuatu yang indah dan bisa dicontohkan,” katanya.

Ganjar lalu mencuplik pepatah Minang yang bermakna bahwa  hidup itu harus berakal, terukur, dan berjangka serta tidak memikirkan kepentingan sesaat.

“Kalau kita sudah punya kesadaran bersama, udah deh yang kemarin berbeda, bersitegang. Menurut saya kita harus berguru pada orang Minang termasuk bagaimana kita menyiapkan masa depan,” tandasnya.

Rekomendasi