Bandung Menuju Kota Cashless

| 13 Aug 2018 18:31
Bandung Menuju Kota <i>Cashless</i>
Ilustrasi (Pixabay)
Bandung, era.id - Bandung sedang berbenah. Kota kembang ini ingin menerapkan metode nontunai atau cashless dalam setiap transaksi keuangan.

Supaya bisa jadi contoh biar diikuti seluruh warga, seluruh aparatur sipil negara (ASN) kota ini diwajibkan harus terbiasa menggunakan Bandung Smart Card. Wali Kota Bandung yang juga Gubernur Jabar terpilih, Ridwan Kamil sudah mengeluarkan aturan soal ini.

"Ya (ASN wajib menggunakan Bandung Smart Card) makanya tadi kalau ASN membeli sembako di koperasi biar murah, bisa pakai ini. Nanti kami wajibkan tidak boleh pakai tunai lagi tapi pakai kartu ini," kata Ridwan Kamil usai penandatangan kerja sama dengan delapan bank terkait Bandung Smart Card di Balai Kota Bandung, Senin (13/8/2018) seperti dilansir Antara.

Kang Emil mengajak seluruh warga untuk membiasakan diri bertransaksi nontunai. Sektor perbankan juga diminta untuk memperbanyak vendor Bandung Smart Card dalam pelayanan transaksi nontunai di Kota Bandung.

Bandung Smart Card dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi non tunai. Mulai dari parkir elektronik, menyewa sepeda di Kota Bandung, hingga pembayaran tol. 

"Salah satu kelebihan dari Bandung Smart Card ini langsung di bawah tanggung jawab Pemkot Bandung sehingga jika terjadi hal-hal tidak berkenan maka Pemkot Bandung akan ikut bertanggung jawab," kata dia.

Ia juga berharap Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial sebagai Wali Kota terpilih, bisa melanjutkan program ini dengan jangkauan yang lebih luas lagi.

"Ke depan diharapkan kota Bandung menjadi kota percontohan pelaksanaan transaksi non tunai di Indonesia," kata dia.

Sementara itu, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank bjb) sebagai salah satu dari delapan bank yang masuk dalam Bandung Smart Card (BSC) menyatakan bangga karena bisa mendukung gerakan nasional non tunai.

"Bank BJB siap mendukung Pemkot Bandung, khususnya terkait gerakan nasional nontunai. Di mana dengan adanya Bandung Smart Card ini maka masyarakat Bandung bisa memenuhi segala kebutuhannya dengan satu kartu," kata Direktur Operasional Bank BJB Fermianti.

Fermianti menjelaskan, kartu itu merupakan wujud dari komitmen BJB untuk bersinergi dengan Pemkot Bandung untuk berpartisipasi aktif dalam melakukan pembangunan Kota Bandung dan mempermudah masyarakat Bandung.

Kalau buat beli permen di warung, tukang parkir, bayar abang becak?

Tags : ridwan kamil
Rekomendasi