Jokowi Segera Copot Menpan RB Asman Abnur

| 14 Aug 2018 11:29
Jokowi Segera Copot Menpan RB Asman Abnur
Menpan RB Asman Abnur (Foto: HUMAS MENPANRB)
Jakarta, era.id - Sebuah kabar berhembus dari Istana. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Asman Abnur, kabarnya segera dicopot dari Kabinet Kerja.

Sumber era.id yang berada di lingkaran istana membenarkan kabar ini, Selasa (14/8/2018). Pergantian menteri masih menunggu Presiden Jokowi pulang dari Lombok untuk memantau penanganan korban gempa. Jokowi akan kembali mendarat di Jakarta sore nanti pukul 14.30 WIB. Apakah sore nanti juga bakal langsung ada pergantian kabinet?

"Bisa saja," bisik sumber tersebut.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebut, salah satu alasan pencopotan Asman karena dinamika politik. Asman adalah kader PAN. Partai itu sudah resmi mendukung pencalonan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019 mendatang.

"Jadi memang sejak pendaftaran capres kemarin kan koalisi sudah terbentuk, artinya ada yang di sini, ada juga yang di sana. Tentu ini jadi pemikiran di partai koalisi, bagaimana mengokohkan koalisi dan juga kejelasan siapa yang di sini, siapa yang di sana," kata Pratikno di Kantor Sekretaris Negara.

Kalau urusan kinerja, tidak ada masalah dengan Asman. Menurut Pratikno, Presiden Jokowi tak pernah mempersoalkan sepak terjang Asman di kabinet. 

"Jadi masalahnya adalah, sekali lagi, ini koalisi tadi, koalisi partai. Siapa yang di dalam koalisi, siapa yang ada di luar koalisi," kata Pratikno.

Asman memang jadi satu-satunya kader PAN yang ada di jajaran kabinet. Namun peta politik nasional sudah terbentuk. Di Pilpres 2019, PAN bergabung dengan PKS, Gerindra, dan Demokrat mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

 

Tags : reshuffle
Rekomendasi