PAN Duga Pencopotan Asman Abnur Bernuansa Politis

| 14 Aug 2018 15:59
PAN Duga Pencopotan Asman Abnur Bernuansa Politis
Menpan RB Asman Abnur (Foto: menpan.go.id)
Jakarta, era.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi Indonesia Asman Abnur dikabarkan akan diganti Presiden Jokowi. Politikus PAN itu pun diganti sepulang Jokowi dari peninjauan gempa di Lombok.

Wakil Sekjen DPP PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan, pergantian menteri seharusnya bertujuan untuk kepentingan masyarakat secara luas, bukan kepentingan politik sektoral. 

Dia menganggap pergantian Asman sebagai hal yang politis. Apalagi, sikap PAN untuk Pemilu 2019 berbeda dengan koalisi pendukung pemerintah ini. Partai yang dipimpin Zulkifli Hasan itu memilih mendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno untuk menjadi lawan dari Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kalau menurut apa yang disampaikan Mensesneg M. Pratikno, pergantian itu kelihatannya murni politis. Itu diakui secara jelas bahwa pergantian dilakukan karena PAN mendukung Prabowo/Sandi," kata Saleh dilansir Antara, Selasa (14/8/2018).

Ia menilai kinerja Asman Abnur sebagai menteri sangat baik dalam membantu Presiden RI Jokowi di pemerintahannya. Dia menambahkan, dari laporan yang disampaikan Asman ke internal PAN, ada banyak terobosan reformasi birokrasi yang telah dilakukan, ekspektasinya akan diselesaikan dalam periode ini.

"Terobosan reformasi birokrasi yang dilakukan Asman tidak hanya terkait dengan penataan SDM, tetapi juga dalam efisiensi penggunaan anggaran. Saya dengar Asman berhasil mengefisienkan anggaran puluhan triliun rupiah, itu sudah dilaporkan kepada Presiden," ujarnya.

Baca Juga : Jokowi Segera Copot Menpan RB Asman Abnur

Namun, menurut dia, terkait dengan dinamika politik kekinian, perlu dicatat kembali bahwa secara konstitusional Presiden memiliki hak prerogatif untuk menentukan komposisi kabinet dalam menjalankan roda pemerintahan.

Hal itu, menurut dia, termasuk dalam melakukan pergantian. Dengan demikian, apabila sewaktu-waktu Presiden ingin melakukan pergantian, itu sah-sah saja.

"Saya yakin kalau Presiden Jokowi masih membutuhkan Asman. Akan tetapi, mungkin karena lingkaran di sekitarnya, bisa saja beliau didesak, mudah-mudahan keputusannya membawa kebaikan buat semua," katanya.

Ia berharap Asman tidak terpengaruh dengan kabar reshuffle kabinet, dan tetap bekerja seperti biasa karena bekerja di kementerian tersebut bukan untuk kepentingan PAN, melainkan kepentingan bangsa secara luas.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo kemungkinan dalam waktu dekat akan melakukan perombakan kabinet sebagai konsekuensi dari dinamika koalisi dalam pengajuan bakal calon pasangan Presiden dan Wapres RI 2019 s.d. 2024.

"Kalau ada pertanyaan apakah akan ada 'reshuffle' dalam waktu dekat? Yah, mungkin saja. Kita tunggu keputusannya karena ini konsekuensi dari dinamika politik perkoalisian," kata Pratikno ditemui di Gedung Kemsetneg Jakarta, Selasa (14/8).

Pratikno mengatakan bahwa Presiden Jokowi sendiri sangat puas dengan kinerja Asman Abnur sebagai Menpan RB.

Tags : reshuffle
Rekomendasi