Peserta Kongres Baku Hantam Diiringi Mars PAN

Tim Editor

Peserta Kongres PAN (Antara)

Jakarta, era.id - Kongres V PAN di hotel Clarion, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ricuh. Para kader PAN terlibat aksi saling lempat botol dan kursi di arena Kongres. Dilaporkan 30 orang terluka akibat aksi barbar dalam memperebutkan kursi Ketua Umum itu.

Timses salah satu kandidat Ketum, Mulfachri Harahap, Asri Anas, mengatakan puluhan pendukungnya mengalami luka-luka.

"Kericuhan dipicu oleh pendukung Zulkifli Hasan tidak mau melakukan verifikasi, ada sekitar 30 orang pendukung Mulfachri Harahap luka-luka. Mereka luka-luka di bagian kepala karena dilempar kursi," katanya.

Dalam video yang diperoleh era.id, peserta Kongres saling lempar kursi diiringi lagu Mars PAN. 

PAN, Partai Amanat Nasional
Tegakkan keadilan bagi semua
PAN, Partai Amanat Nasional
Ciptakan kehidupan yang sejahtera


Ketua Panitia Pengarah (SC) Kongres Ke-V PAN Eddy Soeparno memutuskan proses pemilihan Ketua Umum dipercepat karena kericuhan tersebut.


Peserta Kongres PAN (IST)

"Tadi rapat sempat diskors karena tidak terlalu kondusif lalu kami memutuskan untuk membuka skors dan langsung mengubah tatib dengan mengajukan agenda pemilihan caketum yang tadinya agenda keenam menjadi agenda pertama," kata Eddy saat dikonfirmasi, Selasa (11/2/2020).

Ia berharap sebelum sore nanti proses pemilihan telah selesai sehingga Rabu (12/2) hanya melakukan pembahasan-pembahasan di komisi-komisi tentang AD/ART, program-program kerja dan lain-lain.

"Mereka (peserta Kongres) menghendaki agar pemilihan itu dilakukan secara secepatnya. Oleh karena itu tadi kami mendapatkan persetujuan aklamasi dari peserta untuk dilaksanakan voting segera," ujarnya.

Sebelumnya ada empat kandidat yang akan bertarung itu yakni petahana Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Dradjad Wibowo, serta dua Wakil Ketua Umum Mulfachri Harahap dan Asman Abnur.

Namun, kabar terakhir Asman Abnur mundur dari pencalonan. "Saya memutuskan untuk tidak melanjutkan pencalonan ini," kata Asman Abnur seperti dikutip dari Antara.

Tag: flyover pancoran

Bagikan: