Lima Fakta Pernikahan Kahiyang

Tim Editor

Kahiyang Ayu dan Muhammad Afif Bobby Nasution (www.allseasons-photo.com)

Jakarta, era.id – Kahiyang Ayu dan Muhammad Afif Bobby Nasution akan menikah pada Rabu (8/10/2017), di Solo, Jawa Tengah. Rencana pernikahan putri Presiden Joko Widodo itu menyedot perhatian, tua dan muda, dari berbagai kalangan.

Tagar mengenai Kahiyang makin ramai bermunculan di media sosial. Nama Bobby Nasution semakin dikenal karena akan menjadi menantu orang nomor satu di negeri ini.

Bobby adalah putra dari pasangan Erwin Nasution, mantan Dirut PT Perkebunan Nusantara IV, dan Ade Hanifah Siregar. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini lahir di Medan pada 5 Juli 1991.

Hal apa lagi yang perlu diketahui terkait pernikahan Kahiyang-Bobby? Berikut kami sampaikan lima fakta di antaranya:

1. JK-Darmin Jadi Saksi Pernikahan

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution akan menjadi saksi pernikahan Kahiyang-Bobby. Informasi itu disampaikan Jokowi usai mengadakan rapat persiapan bersama sejumlah panitia di kediaman pribadinya, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2017).

Pada Selasa (31/10/2017), Jokowi bersama istrinya, Iriana, dan Kahiyang, datang ke kediaman Jusuf Kalla di Jakarta untuk menyampaikan undangan dan meminta kesediaannya menjadi saksi pernikahan putrinya.

2. Resepsi Kedua di Medan

Selain resepsi yang digelar di Solo pada Rabu (8/11/2017), Kahiyang-Bobby juga akan menggelar resepsi pernikahan di wilayah Kelurahan Karang Asam, Medan, pada 24-26 November.

Resepsi Kahiyang-Bobby di Solo akan dihadiri 8.000 tamu undangan, tapi jumlah tamu undangan pada resepsi di Medan belum disampaikan pihak keluarga.

Sama halnya dengan lokasi pasti resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby di Medan juga belum disampaikan pihak keluarga, tapi pihak kelurahan Karang Asam mengonfirmasi bahwa Bobby sudah mengurus surat keterangan untuk menikah.

\"\"
3. Adat Jawa dan Tapanuli Selatan

Pernikahan Kahiyang-Bobby akan mengenakan adat Jawa dan Tapanuli Selatan (Tapsel). Hal itu disampaikan Kahiyang saat ditanya adiknya, Kaesang Pangarep, dan direkam dalam video blog 'QnA: Aku, Mas Bobby dan Mbak Ayang' di akun YouTube Kaesang. Video tersebut diunggah pada Senin (18/9/2017).

Kedua adat dipilih karena Kahiyang yang keturunan Jawa dan calon menantu Presiden Joko Widodo itu keturunan Tapsel.

Juru bicara keluarga Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa Kahiyang akan mendapat marga Siregar setelah dinikahi Bobby. Marga Siregar itu sesuai marga ibunda Bobby.

4. Kereta Kencana dan Becak

Kahiyang-Bobby akan naik kereta kencana yang diurus Anwar Muhtadi (67), yang juga pernah mengurus kereta kencana untuk Jokowi saat dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta dan Presiden Republik Indonesia.

Warga Laweyan Solo itu telah menyiapkan enam kereta kuda, dan satu di antaranya adalah kereta kencana. Kuda yang disiapkan mencapai 12 ekor dengan 20 kru.

Selain kereta kencana, di lokasi pernikahan Kahiyang-Bobby juga akan “bersiaga” puluhan pengayuh becak yang sudah mengikuti tes kesehatan. Mereka bertugas mengantar tamu undangan.

Beberapa di antara tukang becak tersebut pernah menjadi pengantar tamu pernikahan putra pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda pada 2017.

\"\"
5. Suvenir Tanpa Nama

Tamu undangan pernikahan Kahiyang-Bobby akan mendapat suvenir berupa kotak perhiasan karya Mintorogo, warga Jalan Gang Bunyu Dua, Kauman, Pasar Legi, Kota Solo.

Kotak perhiasan berbahan kaca itu berbentuk segi empat ukuran 4 x 10 cm dan segi enam 12 x 11 cm dengan motif walet, dedaunan, bunga, serta kaca flora. Dalam suvenir tersebut tidak tertulis nama Kahiyang-Bobby
seperti suvenir pernikahan pada umumnya.

Selain suvenir, Mintorogo juga diminta membuat kotak cincin dan nampannya. Dia lalu membuatnya menggunakan motif batik sidomulyo yang menggambarkan kemuliaan dambaan semua manusia namun tetap harus mengingat sang Maha Pencipta.

Bagikan: