Aksi Demo Kecam Pernyataan Trump

| 08 Dec 2017 21:20
Aksi Demo Kecam Pernyataan Trump
Demonstrasi di depan Kedubes AS kecam pernyataan Donald Trump (YOHANES/era.id)
Jakarta, era.id - Sejumlah kalangan berdemonstrasi di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), Jakarta Pusat. Aksi tersebut menyusul pernyataan kontroversial Presiden AS, Donald Trump, yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Massa yang terdiri dari Banser NU, Alumni 212, FPI, mahasiswa, dan sejumlah kalangan lainnya mengawali aksi dengan long march dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat setelah salat Jumat. Ratusan demonstran tersebut sempat membuat lalu lintas tersendat, meski tidak sampai menutup badan jalan.

Demonstran yang awalnya kondusif sempat memanas ketika mulai melakukan aksi bakar ban. Namun, petugas Brimob langsung menghentikan aksi tersebut dengan memadamkan api.

"Padahal sudah diimbau untuk tidak melakukan (bakar ban), tapi tetap saja," ujar Kalposek Gambir, AKBP Ida Ketut yang ditemui pasca mengamankan aksi, Jumat (8/12/2017).

Selain mengecam pernyataan Trump, massa aksi juga mendesak pemerintah bersikap tegas menindaklanjuti kejadian tersebut. Demonstran meminta, jika komunikasi dengan pihak AS menemui jalan buntu, maka sebaiknya Indonesia memutus hubungan diplomatik.

Aksi ini secara umum berjalan tertib dan berakhir dengan kembali ke Masjid Istiqlal. Ironisnya, beberapa demonstran membawa anak-anak di bawah umur yang tidak seharusnya mengikuti aksi ini.

Tags :
Rekomendasi