Kronologi Kapal FC Ark Shiloh Tenggelam di Perairan Sungsang Sumsel, Diduga Alami Kebocoran Akibat Dihantam Ombak

| 28 Dec 2022 18:45
Kronologi Kapal FC Ark Shiloh Tenggelam di Perairan Sungsang Sumsel, Diduga Alami Kebocoran Akibat Dihantam Ombak
Kapal FC Ark Shiloh tenggelam. (Instagram/Jakarta News)

ERA.id - Kapal FC Ark Shiloh tenggelam di perairan Sungsang, Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (28/12/2022) sekitar pukul 06.10 WIB. Kapal tersebut tenggelam saat bersandar di MV STL Miracle.

"Benar terjadi kecelakaan kapal tenggelam," kata Danlanal Palembang, Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko saat dihubungi, Rabu (28/12/2022).

Widyo menjelaskan kapal tersebut awalnya mengalami kebocoran pada pukul 03.00 WIB tadi. Kapal itu kemudian miring dan kru berusaha membuang air dengan pompa.

Namun, kebocoran tak kunjung berhenti dan pukul 06.10 WIB, kapal ini tenggelam. Diduga, kapal ini mengalami kebocoran karena dihantam ombak besar.

"Kapal pada saat kejadian berlabuh di MV STL Miracle dikarenakan cuaca buruk dan ombak besar, kapal FC Ark Shiloh mengalami kebocoran di bagian balas kanan," ucapnya.

Lebih lanjut dia menerangkan ada 36 kru di dalam kapal FC Ark Shiloh ini. Seluruh awak kapal berhasil dievakuasi.

Informasi Kantor Kesahbandaran dan Otoritas (KSOP) Palembang, Widyo mengatakan kapal itu memuat 40 ton solar. Investigasi untuk mengetahui apakah terjadi pencemaran atau tidak dari karamnya kapal ini, akan dilakukan KSOP dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Untuk investigasi (apakah terjadi pencemaran atau tidak) nanti lebih lanjut dari KSOP, itu yang punya kewenangan ya, (dan) KNKT ya. Kita hanya mendampingi saja," kata Widyo.

Rekomendasi