Dua Helikopter Australia Tabrakan di Udara, Empat Orang Meninggal Dunia

| 02 Jan 2023 16:50
Dua Helikopter Australia Tabrakan di Udara, Empat Orang Meninggal Dunia
Tabrakan helikopter (Dok: Nine News Australia)

ERA.id - Empat orang dinyatakan tewas setelah dua helikopter terlibat tabrakan di udara. Kejadian itu terjadu di dekat Seaworld di Gold Coast Australia.

Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) mengatakan tabrakan itu terjadi sekitar pukul 14:00 waktu setempat. Tabrakan ini terjadi di sepanjang jalur wisata yang dikenal sebagai Main Beach, sekitar 75 km selatan Brisbane.

"Kedua pesawat itu, ketika bertabrakan, jatuh dan mendarat di tepian pasir tak jauh dari Sea World Resort," kata Inspektur Polisi Queensland Gary Worrell, dikutip CNN, Senin (2/1/2023).

Lalu, kata Worrell, tim penyelamat kesulitan untuk mengakses lokasi lantaran gundukan pasir yang terletak tidak jauh dari pantai itu.

Menurut Jayney Shearman dari Queensland Ambulance Service (QAS), dua helikopter itu mengangkut 13 orang. Dari 13 penumpang, empat orang dinyatakan meninggal dunia, tiga luka berat dan enam luka ringan, termasuk luka karena pecahan kaca.

"Semua yang terluka telah dibawa ke rumah sakit," kata Shearman.

Dalam foto yang tersebar, terlihat puing-puing tergeletak di sebidang pasir, dengan personel berkumpul di darat dan banyak kapal di perairan sekitarnya.

Worrell mengatakan bahwa meskipun masih terlalu dini untuk menentukan penyebab pasti kecelakaan itu, penyelidikan awal menunjukkan bahwa satu helikopter telah lepas landas dan yang lainnya mendarat dan menyebabkan tabrakan.

"Satu helikopter kaca depannya dilepas, dan mendarat dengan selamat di pulau itu. Yang lain (helikopter) jatuh, dan terbalik," ungkapnya.

Sesaat kejadian, kata Worrell, polisi setempat dan warga yang berada di sekitar lokasi langsung bergegas melakukan penyelamatan. Mereka mencoba untuk memindahkan dan melakukan pertolongan pertama pada orang-orang yang berada di dalam helikopter.

Angus Mitchell, Kepala Komisaris Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB), mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyelidikan telah dilakukan terhadap tabrakan tersebut.

"Penyelidik dari kantor ATSB di Brisbane dan Canberra akan dikerahkan ke tempat kejadian untuk mengumpulkan bukti, memeriksa reruntuhan dan memetakan lokasi, serta mewawancarai saksi dan pihak yang terlibat," karta Mitchell.

Sementara itu, Sea World Drive telah ditutup untuk lalu lintas dan mengimbau pengendara dan pejalan kaki untuk menghindari daerah tersebut.

Diketahui Sea World Drive adalah titik akses utama taman laut yang populer di kalangan turis di jantung Gold Coast. Saat ini adalah puncak musim turis di wilayah tersebut, dengan sekolah tutup selama liburan musim panas yang panjang.

Rekomendasi