Gerindra Izinkan Sandiaga Jadi Capres 2024, Asalkan..

| 03 Jan 2023 15:03
Gerindra Izinkan Sandiaga Jadi Capres 2024, Asalkan..
Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto. (Foto: Antara)

ERA.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya mengizinkan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Namun dengan satu catatan, tidak maju melalui Partai Gerindra, melainkan dari partai politik lain. Sebab, partainya sudah mendeklarasikan Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai capres yang akan diusung di Pilpres 2024.

"Rapimnas sudah menentukan Pak Prabowo sebagai calon presiden dari Partai Gerindra. Sehingga kalau ada kader lain yang berkeinginan maju, ya itu enggak ada masalah kalau ingin maju melalui partai lain," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Dia menambahkan, Prabowo juga tidak pernah melarang apalagi memiliki niat untuk menghalang-halangi langkah seseorang yang berkeinginan sebagai capres.

"Sebagai anak bangsa, kami, Pak Prabowo tentunya juga tidak keberatan apabila ada yang kemudian ingin ikut dalam kontestasi pilpres," kata Dasco.

Wakil Ketua DPR RI itu lantas menyinggung soal Sandiaga yang dinilai kerap melakukan sosialisasi sebagai capres lewat acara-acara partai politik lain.

"Dan kita lihat bahwa belakangan memang yang bersangkutan kan lebih banyak hadir di acara-acara partai lain dan untuk melakukan sosialisasi capres," ucapnya.

Oleh karena itu, Dasco sekali lagi menegaskan bahwa Partai Gerindra tidak akan melarang kader partainya terlibat dalam kontestasi Pilpres 2024.

Namun, kader itu juga harus sadar diri bahwa Rapimnas Partai Gerindra beberapa waktu lain telah menetapkan Prabowo Subianto sebagai capres tunggal yang akan kembali diusung di Pilpres 2024.

"Jadi tidak ada dari kita kemudian mau melarang apabila ada yang ingin ikut kontestasi. Silahkan saja. Ya tentunya tidak lewat Partai Gerindra," ucap Dasco.

Sebelumnya, Dasco sempat mengungkapkan bahwa Sandiaga Uno tak

lama lagi bakal menjadi kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Dia mengaku mendapat kabar tersebut dari sejumlah anggota Fraksi PPP di DPR RI.

"Saya sudah mendengar kabar dari teman-teman Fraksi PPP bahwa Pak Sandi itu sebentar lagi sudah resmi menjadi anggota PPP," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/12).

Pernyataan itu langsung dibantah oleh PPP. Sekretaris Fraksi PPP di DPR RI Achmad Baidowi atau Awiek mengaku, Sandiaga tidak pernah menyampaikan niatan ingin bergabung dengan partainya.

Terkait dengan kedekatan Sandiaga dengan PPP, menurut Awiek sejauh ini partainya hanya mengundang dalam kapasitas sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (menparekraf).

Dia menegaskan, PPP tidak pernah sekalipun memiliki niatan membajak kader partai lain untuk masuk ke partainya.

"Kita enggak ada niat bajak membajak. Itu kita ke sana hanya untuk memastikan bahwa teman-teman di bawah undanganya beliau sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif," tegas Awiek.

Rekomendasi