Omzet Pedagang Tusuk Sate Melejit Saat Iduladha

Tim Editor

    Sate daging sapi. (Ilustrasi: Pixabay)

    Bandung, era.id - Hari Raya Iduladha ternyata tidak hanya membawa berkah bagi para pedagang hewan kurban. Para pedagang tusuk sate di Bandung pun kebagian untung, dengan pendapatan yang meningkat dari hari biasanya.

    Umumnya usai menyembelih hewan kurban, masyarakat di Indonesia punya tradisi membakar sate bersama keluarga maupun sahabat. Dengan begitu, tentunya dibutuhkan tusuk sate. Nah, momentum ini dimanfaatkan para pedagang tusuk sate di Bandung untuk mendongkrak omzetnya.

    "Alhamdulillah, mau lebaran haji penjualan tusuk sate meningkat sampai tiga kali lipat dibandingkan hari biasa. Kemarin itu, Alhamdulillah bisa menjual 40 sampai 50 ikat tusuk sate. Itu jualnya dari pagi sampai malam," kata Rahmat yang merupakan pedagang sate di Pasar Simpang Dago, seperti dilansir Antara, Selasa (21/8/2018).

    Rahmat bilang, kalau biasa pembeli tusuk satenya adalah pedagang sate, namun jelang Lebaran Haji, banyak juga warga yang membeli dagangannya.


    Tusuk sate. (Foto: Pixabay)

    "Momentum Iduladha itu memang identik dengan memasak daging kurban dengan cara disate. Jadi banyak masyarakat yang membeli tusuk sate, kipas bambu, dan arang," ungkapnya.

    Perkiraan Rahmat, penjualan barang dagangannya akan terus meningkat sampai besok atau saat perayaan Iduladha berlangsung.

    "Dari pengalaman tahun lalu, saat hari Iduladha saat sore hari atau malam hari pembeli masih banyak. Soalnya, kan suka langsung bakar-bakar sate gitu. Kalau enggak ya hari berikutnya," imbuhnya.

    Untuk satu ikat tusuk sate, biasanya Rahmat menjual dengan harga Rp2.500 dengan isi 20 tusuk. Sementara untuk harga arang biasanya dijualnya dengan harga Rp5 ribu hingga Rp7 ribu per kantong. Untuk harga kipas anyaman bambu biasa dijual Rp5 ribu dan harga panggangan biasanya sekitar Rp30 ribu sampai Rp40 ribu.

    Selain itu, Rahmat juga menyebut kalau pasokan tusuk sate, arang, dan alat panggang untuk dijualnya itu berasal dari Pasar Induk Caringin Kota Bandung.

    Tag: hari raya idul adha kuliner ramadan ibadah haji

    Bagikan :