Street Food Jakarta Enak Ada di Jalan-Jalan Ini, Catat!

| 29 Jan 2023 16:04
Street Food Jakarta Enak Ada di Jalan-Jalan Ini, Catat!
Street food jakarta (Unsplash)

ERA.id - Di Jakarta, penjual makanan kaki lima biasanya berkumpul di satu tempat, jadi Anda bisa berjalan-jalan sambil memilih makanan yang ingin kita makan. Di mana saja street food Jakarta paling populer?

Bisa dibilang, mencari makanan dan menghabiskan waktu di pinggir jalan adalah hal yang sangat menyenangkan. Anda belum mengenal Jakarta, jika belum merasakan pengalaman makan di jajanan kaki lima yang tersebar di banyak daerah di Jakarta.

Street Food Jakarta Ada di Sini

  1. Jalan Sabang

Jalan Sabang dikenal sebagai salah satu pusat kuliner di ibu kota sejak puluhan tahun yang lalu. Lokasinya berada di Jakarta Pusat, yang relatif dekat dengan mana-mana. Banyak pengunjung yang datang untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

Saat sore hari, kedua sisi trotoar di sepanjang Jalan Sabang sudah dipenuhi oleh para pedagang kaki lima. Mereka menggunakan gerobak makanan, serta bangku plastik di bawah tenda seadanya sebagai fasilitas bagi pengunjung yang ingin bersantap. Beberapa pedagang juga ada yang menggunakan mobil yang diparkir di trotoar, semacam food truck kecil.

Lalu, apa saja hidangan yang ditawarkan di sana? Yang paling utama adalah Nasi Goreng Kambing, dan terbukti ada cukup banyak penjual nasi goreng yang bersaing untuk menjualnya.

Hidangan lainnya adalah sate, soto, bakso, dan juga hidangan laut. Oh ya, jangan lupa untuk mencoba sate yang ikonik di Jalan Sabang, yaitu Sate Kambing Jaya Agung. Sate ini sudah melegenda di sana sejak tahun 1963. Jadi, tak perlu ragu dengan rasanya.

  1. Bendungan Hilir (Benhil)

Masih di sekitar Jakarta Pusat, menjelajahi berbagai kuliner memang tidak ada habisnya. Anda tidak akan melewatkan tempat kuliner yang menggoda di kawasan Bendungan Hilir atau yang lebih dikenal dengan sebutan Benhil.

Ayam Penyet Pak Kumis (Twitter)

Benhil selalu dikenal sebagai salah satu pusat kuliner terlezat di Jakarta. Benhil bisa dikatakan sebagai 'surga' kuliner lezat. Perut Anda akan dimanjakan dengan deretan kuliner yang berjejalan di sepanjang jalan ini.

Karena lokasinya yang strategis, Anda bisa banget mencoba kuliner di Benhil, terutama bagi Anda yang bekerja di kawasan Thamrin, Sudirman, Senayan, dan sekitarnya.

Jika Anda menginginkan makanan dengan sensasi pedas, Anda harus mencoba Ayam Penyet Pak Kumis di Benhil yang sudah banyak direkomendasikan oleh warga Jakarta. Racikan sambal yang super pedas dengan cabai rawit, kemiri, garam dan terasi akan membuat Anda ketagihan.

Ayam Penyet Pak Kumis diracik langsung di atas cobek tanah liat. Hanya dengan Rp20.000,00 Anda sudah bisa menikmati Ayam Penyet yang super lezat ini lengkap dengan nasi hangat.

  1. Bulungan, Blok M

Jika Anda berkunjung ke daerah Bulungan, Anda akan menemukan banyak sekali kuliner yang wajib dicoba, terutama di malam hari. Bulungan merupakan salah satu kawasan yang banyak dikunjungi anak muda atau kaum milenial di Jakarta untuk nongkrong.

Salah satu pedagang gultik Blok M di Jaksel (antaranews)

Jika Anda datang di akhir pekan, tempat ini sangat ramai. Selain itu, ada berbagai macam hiburan yang akan menemani Anda seperti live music, pengamen, pemain alat musik tradisional, bahkan musikalisasi puisi.

Sebelum Anda mencicipi makanan utama di Blok M, ada baiknya Anda mencoba jajanan ringan yang ada di pinggir jalan. Banyak sekali jajanan seperti telur gulung, lekker, bakso tusuk, dan lain-lain.

Kemudian, untuk hidangan utama, Anda harus mencoba makanan ikonik dan paling populer di Bulungan, bahkan di sekitar kota Jakarta, yaitu Gulai Tikungan Blok M yang disajikan dengan daging sapi dengan satu porsi nasi.

Di sepanjang jalan, Anda akan menemukan banyak penjual gulai yang akan membuat Anda bingung untuk memilih. Anda tidak perlu khawatir, karena semuanya memiliki rasa yang enak.

Selain  street food jakarta, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi