Belum Boleh Mendaki di Gunung Lawu

| 27 Aug 2018 01:03
Belum Boleh Mendaki di Gunung Lawu
Ilustrasi pendakian (Pixabay)
Magetan, era.id - Kebakaran hebat sempat melanda kawasan puncak Gunung Lawu, Magetan. Bahkan api sempat meluas hingga ke Ngawi. Sekarang, meski sudah dipastikan padam, para pendaki masih dilarang naik ke Gunung Lawu.

Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan, KPH Lawu Lawu dan Sekitarnya (Lawu DS), Marwoto bilang, kebakaran yang terjadi di kawasan Gunung Lawu selama seminggu terakhir dipastikan sudah padam. Namun pihaknya masih belum memperbolehkan masuk ke jalur pendakian.

"Api sudah padam semua. Namun jalur pendakian melalui Cemoro Sewu masih ditutup. Kami menunggu koordinasi dengan pengelola jalur pendakian lainnya," kata Marwoto, Antara, Minggu (26/8) kemarin.

Selain Cemoro Sewu, jalur pendakian lain menuju puncak Gunung Lawu, yaitu Candi Cetho dan Cemoro Kandang, Karanganyar, Jawa Tengah. Semua jalur itu masih tertutup bagi pendaki

"Kami saling berkomunikasi dan saling menginformasikan antarpengelola, menyangkut keselamatan pendaki. Apalagi mendaki merupakan wisata minat khusus itu berisiko. Jadi banyak pertimbangan dari pengelola," jelasnya.

Menurut dia, pengelola wisata minat khusus pendakian puncak Gunung Lawu tetap mengutamakan keselamatan pengelola maupun pendaki.

"Kalau hanya mengejar keuntungan, tidak akan pernah ada habisnya. Kami tetap mengutamakan keselamatan pengelola dan pendaki. Karena akibat kelalaian, kami bisa dipidana," tegas dia.

Supaya kalian tahu latar belakangnya, kawasan hutan di Gunung Lawu terbakar sekitar seminggu lalu. Titik awal api, berasal dari wilayah Kabupaten Karanganyar. Api cepat merembet ke wilayah Kabupaten Ngawi. Belum tahu berapa luas hutan yang terbakar.

Rekomendasi