Rekomendasi Gunung di Jawa Tengah untuk Perayaan Tahun Baru, Pemandangan Indah dengan Jalur Bersahabat

| 26 Dec 2023 12:02
Rekomendasi Gunung di Jawa Tengah untuk Perayaan Tahun Baru, Pemandangan Indah dengan Jalur Bersahabat
Gunung Prau (Visit Jawa Tengah)

ERA.id - Jawa Tengah dikenal memiliki banyak gunung dengan pemandangan yang indah. Tak heran jika banyak yang tergiur mendaki gunung di Jawa Tengah untuk perayaan tahun baru.

Dari banyak sekali gunung, setidaknya ada 8 gunung yang kemungkinan didatangi banyak pendaki saat tahun baru 2024. Gunung-gunung itu adalah Gunung Prau, Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Lawu.

Dalam beberapa minggu ini cuaca cenderung cerah. Meski demikian, pendaki harus tetap hati-hati jika ingin menikmati malam tahun baru di atas gunung. Bulan Desember telah masuk musim hujan sehingga kewaspadaan tetap harus dijaga. Selain itu, sebaiknya pendakian tidak dipaksakan jika nanti tiba-tiba ada cuaca ekstrem.

Beberapa Gunung di Jawa Tengah untuk Perayaan Tahun Baru

Dari sekian banyak gunung yang mungkin akan ramai dikunjungi, berikut adalah beberapa informasi mengenai gunung di Jawa Tengah.

  • Gunung Prau

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.590 meter di atas permukaan laut (mdpl). Untuk mencapai puncak, waktu yang dibutuhkan sekitar 1,5 hingga 3 jam. Tak heran jika gunung ini termasuk yang banyak diminati. Patak Banteng adalah salah satu jalur pendakian favorit untuk naik Gunung Prau.

Jalur pendakian tak terlalu sulit untuk dilalui. Di kawasan puncak, Anda akan mendapati area darat yang cukup luas. Jika Anda mendirikan tenda di area kemah sisi selatan, Anda akan mendapatkan pemandangan indah Gunung Sumbing, Sindoro, Merapi, dan Merbabu.

  • Gunung Andong

Biasanya Gunung Andong didaki melalui Jalur Sawit dan Jalur Pendem. Kedua jalur ini ada di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Dengan tinggi 1.726 mdpl, waktu yang dibutuhkan untuk sampai puncak gunung biasanya 1,5 hingga 2 jam.

Jalur pendakian gunung ini juga tidak terlalu ekstrem. Pendaki pemula pun bisa naik dengan cukup nyaman. Puncak Gunung Andong berupa area memanjang dari timur ke barat. Kemah bisa didirikan di tempat datar di kawasan puncak.

  • Gunung Ungaran

Gunung Ungaran berada di Kabupaten Semarang. Memiliki ketinggian 2.050 mdpl, gunung ini memiliki dua puncak tertinggi, yaitu Puncak Botak dan Puncak Banteng Raider.

Jika Anda ingin mencapai Puncak Botak, biasanya jalur yang digunakan adalah Jalur Perantunan. Sementara, Puncak Banteng Raider biasanya dicapai melalui Jalur Mawar. Jalur yang cukup mudah membuat kawasan puncak bisa dicapai dalam waktu 2 hingga 3 jam.

  • Gunung Merbabu

Gunung Merbabu terletak di tiga daerah yaitu Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Semarang. Ini adalah salah satu gunung yang sangat populer sebagai tempat pendakian.

Gunung Merbarbu (Visit Jawa Tengah)

Ketinggian Gunung Merbabu adalah 3.145 mdpl. Puncaknya memang tidak terlalu tinggi, namun pendaki harus menyiapkan perlengkapan dan fisik yang kuat sebab gunung ini punya hutan lebat dan sumber air agak terbatas.

Kami juga telah menulis artikel soal gunung untuk pendaki pemula di Jawa Tengah. Baca tulisan tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Itulah beberapa rekomendasi gunung di Jawa Tengah untuk perayaan tahun baru. Ikuti terus berita terbaru Era.id untuk mendapatkan info menarik lainnya.

Rekomendasi