Donald Trump vs Google

| 29 Aug 2018 04:45
Donald Trump vs Google
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Presiden AS Donald Trump lagi kesal sama Google. Trump menyerang mesin pencarian Google karena hanya menampilkan berita-berita buruk ketika mengetik namanya.

"Hasil pencarian Google untuk "Trump News" hanya menampilkan tampilan/pelaporan Media Berita Palsu. Dengan kata lain," tulis Trump di akun Twitter @realDonaldTrump.

"Dengan kata lain pencarian tentang saya itu sudah dicurangi jadi semua berita yang muncul itu yang buruk. Palsunya CNN itu paling banyak. Media Republikan/Konservatif dibungkam. Ilegal?" tulis Trump lagi

Buat Trump, apa yang dilakukan mesin pencarian Google sangat berbahaya. Google dituding menyembunyikan prestasi-prestasi Trump selama ini.

"Mereka mengendalikan apa yang bisa & tidak bisa kita lihat. Ini adalah situasi yang sangat serius - akan diatasi!" tegas Trump.

 

 

Google langsung bersuara. Mereka membantah tuduhan Trump.

"Saat pengguna mengetik pertanyaan ke kolom Google Search, tujuan kami adalah memastikan mereka mendapatkan jawaban yang paling relevan dalam hitungan detik," kata Google dalam keterangan resmi, dikutip dari laman Reuters yang dilansir Antara, Selasa (28/8) kemarin.

Kata Google, mesin pencarian mereka tidak dirancang untuk agenda politis. Google mengaku terus melakukan perbaikan untuk memastikan para penggunanya mendapat konten berkualitas tinggi untuk menjawab pertanyaan yang sudah diketik.

"Kami terus bekerja untuk memperbaiki Google Search dan kami tidak pernah menampilkan urutan jawaban untuk memanipulasi sentimen politik," tulis Google.

Sebagai informasi, hasil pencarian di Google Search dipengaruhi berbagai faktor, yang akan dipelajari oleh algoritma Google. Google umumnya menghitung relevansi sebuah situs berdasarkan jumlah tautan ke laman tersebut. Histori pencarian juga berpengaruh terhadap hasil pencarian, begitu juga dengan kata kunci yang digunakan. Situs-situs yang banyak diakses pembaca berpotensi muncul di urutan teratas pencarian.

Tags : donald trump
Rekomendasi