Waduh, Siri Munculkan Penis untuk Donald Trump

| 25 Nov 2018 06:34
Waduh, Siri Munculkan Penis untuk Donald Trump
Presiden Donald Trump (Twitter @realdonaldtrump)
Asisten digital Apple, Siri tengah menjadi buah bibir warganet di media sosial. Lantaran Siri bukannya menampilkan foto Donald Trump, malah memunculkan gambar alat kelamin pria (penis) di halaman profil Presiden Amerika Serikat (AS) itu.

Dilansir The Verge, Sabtu (24/11) kejadian itu kemudian viral di media massa. Spekulasi bermunculan karena yang diduga ada kesalahan pada kode algoritma Siri, sehingga gambar tidak senonoh itu muncul pada informasi terkait Trump.

"Hal ini diduga akibat ada yang mengedit halaman Wikipedia tentang Donald Trump atau mengutak-atik algoritma yang digunakan Siri untuk menelusuri gambar," sebut The Verge.

Editor Wikipedia telah mengonfirmasi bahwa ini adalah perilaku vandalisme yang dilakukan oleh pengguna internet. Tidak hanya satu orang, tapi diperkirakan lebih dari itu.

"Mereka kini telah diblokir selamanya (dari Wikipedia)," kata editor Wikipedia, dilansir The Verge.

 

Kesalahan fatal yang dilakukan Siri memang bukan terjadi sekali. Pada Oktober tahun lalu, Siri pernah memunculkan hasil pencarian yang salah ketika seorang pengguna menanyakan lagu kebangsaan Bulgaria.

Siri menjawabnya dengan lagu 'Despacito' yang dinyanyikan Luis Fonsi dan Daddy Yankee. Padahal jawaban yang benar adalah lagu 'Mila Rodino' karya Tsvetan Tsvetkov Radoslavov.

Sebelum ini, kesalahan informasi terkait Trump juga pernah terjadi pada mesin pencarian Google. Hal ini berawal ketika pengguna menuliskan kata 'idiot' di mesin pencari Google dan mengklik pilihan gambar.

Hasilnya, terdapat banyak wajah Trump yang muncul untuk pencarian kata 'idiot' oleh pengguna di Inggris. Beberapa pakar menjelaskan alasan kenapa gambar Donald Trump bisa berada di puncak pencarian Google untuk kata 'idiot'. Menurut mereka, hal itu bisa terjadi lantaran ribuan orang telah mengunggah gambar Trump dengan tag kata tersebut.

 

Rekomendasi