8 Manfaat Kesehatan yang Tersembunyi dari Menari

| 30 Aug 2018 06:07
8 Manfaat Kesehatan yang Tersembunyi dari Menari
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Selain sebagai cara untuk mengekspresikan diri, menari ternyata punya manfaat lain lho. Salah satunya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jenis tarian apapun, memiliki fungsi yang sama untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa ulasan tentang manfaat dari menari, seperti dikutip Antara.

1. Meningkatkan daya ingat

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh The New England Journal of Medicine, menari dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah demensia ketika seseorang bertambah tua.

Latihan aerobik dapat mengubah kehilangan volume di hippocampus, bagian otak yang mengontrol memori. Seiring dengan pertumbuhan manusia, hippocampus secara alami mengalami penyusutan sehingga menyebabkan gangguan memori.

2. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Menari bisa dibilang adalah serangkaian tes keseimbangan. Menari juga menghasilkan postur yang kuat dan tepat sehingga tulang dan otot dapat membantu menahan melawan gravitasi. Di sisi lain, koordinasi sangat penting dalam menari karena akan membantu seseorang dengan mudah memindahkan bagian tubuh secara bersamaan di bawah kendali.

3. Menurunkan stres

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Gerontology, para peneliti menemukan bahwa menari dan musik dapat membantu dalam menghilangkan stres. Endorphin dilepaskan ketika tubuh menari. Endorphin dan adrenalin bekerja sama untuk memberikan perasaan puas.

4. Menjaga kesehatan jantung

Bagi mereka yang sering menari, penyakit kardiovaskular akan menjauh. Penelitian di Italia mengungkapkan bahwa orang-orang yang menderita serangan jantung dan melakukan tarian waltz, menunjukkan peningkatan pada kesehatan jantung, pernapasan dan kualitas hidup mereka. Menari juga dikenal bagus untuk memperkuat jantung, paru-paru dan sistem sirkulasi.

5. Meningkatkan fleksibilitas

Dengan menari, resiko terhadap nyeri sendi akan berkurang setelah berolahraga. Ini juga berfungsi untuk mengurangi kekakuan pada otot.

6. Melawan depresi

Salah satu manfaat menari adalah mengurangi depresi. Penelitian menunjukkan bahwa menari dapat meningkatkan semangat dan membantu melawan depresi. Saat menari, aliran hormon yang meningkatkan suasana hati dilepaskan dan ini membantu dalam memperbaiki kondisi mental.

7. Menurunkan berat badan

Menari adalah cara yang bagus untuk mengurangi berat badan karena sangat efektif dalam membakar kalori serta melatih otot. Aerobik sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Mengikuti kelas tari selama 30 menit akan membakar sekira 130-250 kalori.

8. Meningkatkan energi

Cara lain untuk meningkatkan energi adalah dengan menari. Setelah menari, seseorang akan merasa bersemangat sebab darah mengalir keseluruh tubuh dengan cepat. Ini akan membuat ebih enerjik.

Rekomendasi