Jaga Imun Hadapi Lonjakan Kasus Pandemi Covid-19, 5 Jenis Olahraga yang Mudah dan Aman Dilakukan Selama PPKM

| 13 Jul 2021 07:34
Jaga Imun Hadapi Lonjakan Kasus Pandemi Covid-19, 5 Jenis Olahraga yang Mudah dan Aman Dilakukan Selama PPKM
Ilustrasi perempuan (Foto: Freepik/our team)

ERA.id - Olahraga kini menjadi salah satu aktivitas yang digemari banyak orang selama pandemi Covid-19. Akan tetapi, kita masih dihadapi dalam keadaan pandemi Covid-19 dan masih terus menyebar. Selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kita bisa berolahraga di rumah.

Dilansir dari halodoc pada Selasa (13/7/2021), kamu bisa melakukan olahraga dengan intensitas yang tepat. Meski dirumah saja, tubuhmu tetap harus bugar, bukan? Berikut 5 jenis olahraga yang terbilang aman dilakukan di rumah selama pandemi Covid-19.

1. Kardio

Kardio (Foto: Freepik/diana.grytsku)
Kardio (Foto: Freepik/diana.grytsku)

Jenis olahraga kardio adalah olahraga yang efektif membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat. Untungnya olahraga ini bisa dilakukan di rumah sehingga mengurangi risiko kamu terjangkit COVID-19. Jika kamu memiliki treadmill, sepeda statis atau alat kardio lainnya di rumah, maka kamu bisa memanfaatkannya. Namun, jangan khawatir, lompat tali atau skipping juga bisa menjadi alternatif.

2. Senam Aerobik

Jika tidak memiliki alat latihan kardio, kamu bisa melakukan senam aerobik yang memiliki manfaat yang serupa. Olahraga satu ini juga menjadi pilihan yang menarik untuk dilakukan selama di rumah. Kamu bisa melakukan senam zumba misalnya, dengan mengikuti video tutorial atau bahkan bersama teman-teman di rumah masing-masing lewat video conference. Instruktur olahraga aerobik tetap memberikan gerakan-gerakan yang membuat tubuh berkeringat sehingga tubuh menjadi lebih bugar. Senam aerobik juga mampu meredakan gejala depresi dan gangguan cemas yang dihadapi selama pandemi ini.

3. Yoga

Ilustrasi perempuan (Foto: Unsplash/Zen Bear Yoga)
Ilustrasi perempuan (Foto: Unsplash/Zen Bear Yoga)

Olahraga ini mungkin terkesan mudah dan sederhana. Namun, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, olahraga ini juga tergolong efektif membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat. Bonusnya lagi, beberapa gerakan yoga dapat membuat kamu lebih tenang dan santai. Sehingga kecemasan yang sering muncul selama pandemi ini bisa berkurang. Beberapa manfaat yoga lainnya adalah menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan pernapasan, memperkuat energi serta vitalitas. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan mengikuti video tutorial yang banyak tersedia di internet.

4. Menari

Aktivitas menyenangkan ini juga bisa dihitung olahraga. Kamu bisa nyalakan lagu favoritmu, atau sambal melihat video artis kesukaanmu. Menari juga tergolong sebagai olahraga karena meningkatkan ketahanan dan kekuatan tubuh. Kamu juga bisa berkeringat saat menari, karena menari membuat tubuh lebih aktif dan terus bergerak.

5. Push-up

Ilustrasi pria (Foto: Pexels/Pragyan Bezbaruah)
Ilustrasi pria (Foto: Pexels/Pragyan Bezbaruah)

Olahraga ini juga bisa dilakukan di rumah dan untungnya kamu juga tidak memerlukan alat bantu. Push-up adalah olahraga yang tepat jika kamu ingin memperkuat tubuh bagian atas, seperti dada. Jika rutin dilakukan setiap hari, maka dapat meningkatkan kekuatan otot dada dan tubuh menjadi lebih fit.

Rekomendasi