Rupiah Tak Berdaya, Dolar AS Masih Perkasa

| 29 Aug 2018 20:18
Rupiah Tak Berdaya, Dolar AS Masih Perkasa
Ilustrasi uang (Pixabay)
Jakarta, era.id - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah kembali menguat. Keperkasaan dolar AS bahkan membuat rupiah hanya bisa bergerak tipis pada Rp14.674 diperdagangkan sore ini.

Dikutip era.id dari Reuters, Rabu (29/8) nilai tukar dolar AS menembus level tertingginya dalam kurun waktu tiga tahun terakhir sejak Oktober 2015. Adapun nilai tukar dolar AS terhadap rupiah tertinggi dalam tiga tahun terakhir tercatat berada pada angka Rp 14.693 yang terjadi pada Oktober 2015.

Dolar AS sendiri telah mencapai posisi tertingginya tahun ini pada minggu lalu di angka Rp14.660. Sementara hari ini dolar AS sudah bergerak di level Rp 14.617 hingga Rp 14.684.

Sementara itu, Analis Senior CSA Research Institue Reza Priyambada mengatakan nilai tukar rupiah kembali mengalami depresiasi terhadap dolar AS di tengah minimnya sentimen positif dari dalam negeri.

"Sentimen dari dalam negeri relatif datar, belum ada yang bisa mendorong pelaku pasar untuk masuk ke aset berdenominasi rupiah," katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (29/8/2018).

Kendati demikian, lanjut dia, pelemahan rupiah masih relatif terbatas karena dalam penjagaan Bank Indonesia dan meredanya kekhawatiran pasar terhadap isu perang dagang.

Menurut dia, adanya kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat dan Meksiko dapat menghidupakan minat pelaku pasar pada aset mata uang beresiko seperti rupiah.

Di sisi lain, lanjut dia, pergerakan imbal hasil obligasi AS yang cenderung bergerak mendatar juga diharapkan dapat dimanfaatkan investor untuk masuk ke pasar negara berkembang, seperti Indonesia.

Rekomendasi