Kalla Harap Dua Kubu Pilpres Bersaing Sopan

| 30 Aug 2018 17:37
Kalla Harap Dua Kubu Pilpres Bersaing Sopan
Sejumlah tokoh menonton final pencak silat Asian Games 2018. (Foto: www.asiangames2018.id)
Jakarta, era.id - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla berharap dua kelompok pendukung calon presiden/wakil presiden dapat memberikan dukungan pada Pemilu Presiden 2019 dengan sopan. 

Kata dia, hal ini harus bisa terwujud setelah dua capres yang akan bertarung, Joko Widodo dan Prabowo Subianto, saling berpelukan saat menonton final pencak silat di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Rabu (29/8/2018).

"Ya, tentu nanti (harapannya) bersaing dengan 'fair', tidak pakai maki-maki," kata Wapres Jusuf Kalla usai Peluncuran Inovasi 4.0 BMKG di Jakarta, dilansir Antara, Kamis (30/8/2018).

Kalla juga mengimbau kepada seluruh pendukung Jokowi dan Prabowo untuk tidak saling menunjukkan ujaran kebencian terkait dengan pilihan politik masing-masing.

Sementara itu, dia menerangkan, momen pelukan Jokowi dan Prabowo itu bisa diartikan bahwa sikap pemimpin ialah tetap berkawan meskipun saling berlawanan.

"Dengan melihat Anda punya foto saja di koran atau di televisi, 'kan rakyat sudah tahu. Namanya pemimpin itu berlawanan tetapi berpelukan," katanya.

Kalla hadir saat peristiwa itu terjadi. Politikus Golkar itu menerangkan, kejadian ini adalah tindakan spontan. Ini pula bisa menjadi citra yang positif bagi Indonesia di mata publik internasional lantaran momen ini terjadi saat Asian Games 2018.

"Itu spontan. Kita juga dapat citra 'kan, Asian Games-nya berhasil, silatnya berhasil. Ya, dua-duanya dapat," kata Kalla.

Rekomendasi