Ganjil-Genap Dilanjut Hingga Paragames, Weekend Free

Tim Editor

Gubernur DKI Anies Baswedan (Twitter)

Jakarta, era.id - Pemprov DKI akan tetap meneruskan aturan pembatasan kendaraan sistem ganjil-genap meski Asian Games berakhir, Minggu (2/9) depan. Setidaknya hingga Asian Paragames digelar 6-13 Oktober 2018 mendatang.

Itulah hasil rapat yang digelar Pemprov DKI bareng beberapa pihak terkait membahas nasib aturan ganjil genap. Apalagi warga Jakarta sudah mulai terbiasa dengan aturan ini selama Asian Games berlangsung.

"Kalau kita lakukan jeda kemudian harus menegakkan aturan lagi," kata Gubernur DKI Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Jumat (31/8/2018) seperti dilansir Antara.

Selain itu, perpanjangan kebijakan ganjil genap pada periode ini digunakan juga untuk pengambilan data yang lebih lengkap dan menyeluruh atas dampak kebijakan pembatasan lalu lintas. Pengambilan data secara lengkap tersebut dilaksanakan sampai Oktober setelah selesai Asian Paragames.

Ada beberapa pengecualian dalam kebijakan ganjil genap setelah Asian Games. Beberapa rute tidak diteruskan seperti di Jalan Metro Pondok Indah karena di sana tidak akan ada pelaksanan Asian Paragames. Kemudian di Jalan Benyamin Sueb tidak diteruskan selama September hingga menjelang Asian Paragames. Saat Asian Paragames, di Jalan Benjamin Sueb akan diterapkan lagi kebijakan ganjil genap karena ada Wisma Atlet Kemayoran.

"Pengecualian berikutnya adalah pada hari Sabtu dan Minggu tidak berlaku ganjil genap. Akan ada penyesuaian jalur-jalur keluar tol ataupun masuk tol," beber ANies.

Anies mengungkapkan penyesuaian jalur ke luar dan masuk tol, dari persimpangan sampai dengan pintu masuk tol dan dari pintu keluar tol hingga persimpangan pertama tidak diterapkan ganjil genap agar para pengguna tol bisa keluar dan masuk dengan leluasa.

 

Tag: kebijakan ganjil-genap

Bagikan: