Pengganti Novanto Ditentukan Malam Ini

| 11 Dec 2017 19:10
Pengganti Novanto Ditentukan Malam Ini
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi III Azis Syamsudin. (BAGAS/era.id)
Jakarta, era.id - Rapat Badan Musyawarah (Bamus) belum berbuah hasil. Kesimpulan rapat hanya membacakan surat pengunduran diri Setya Novanto sebagai ketua DPR RI. Sementara, penunjukkan pengganti Novanto di kursi ketua DPR melalui rapat paripurna yang bakal digelar malam ini.

Sah atau tidaknya keputusan sepihak Setya Novanto menunjuk Azis Syamsudin sebagai Ketua DPR baru bisa dipastikan lewat sidang tersebut.

"Tadi kesimpulan hanya dibacakan pengunduran diri saja, tapi soal penggantinya siapa, itu kesimpulannya dibacakan di paripurna," jelas Azis di Gedung Parlemen DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/12/2017).

Selanjutnya hasil ketetapan Bamus perihal siapa yang menggantikan Novanto menduduki kursi Ketua DPR dialihkan ke rapat paripurna lantaran mencegah munculnya kegaduhan di internal Partai Golkar.

"Gaduh dalam arti kata ada perbedaan-perbedaan pandangan internal (Golkar). Akhirnya disepakati bersama dalam Bamus untuk ditunda, dibacakannya kesimpulan itu dan baru akan dibacakan di paripurna," terang Azis.

Anggota Komisi III DPR itu mengaku pasrah dengan hasil paripurna nantinya. Meskipun, hasil itu merubah keputusan sepihak Novanto yang menunjuk dirinya sebagai ketua DPR.

"Saya serahkan kepada pimpinan DPR, kita saksikan di rapat paripurna," ucap Azis.

Ditanya soal penolakan 50 anggota Fraksi Partai Golkar terkait penolakan dirinya sebagai Ketua DPR, Azis enggan berkomentar.

"Saya enggak mau berkomentar terlalu jauh. Itu kan perasaan orang, saya enggak tahu," ucap Azis.

Novanto menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Ketua DPR pada Jumat (8/12). Dalam surat tersebut, dia menunjuk politisi golkar Azis Syamsudin sebagai pengganti dirinya. Keputusan Novanto menunjuk Aziz menjadi Ketua DPR masih menjadi pembahasan Bamus DPR, hingga bergeser ke rapat paripurna.

Tags :
Rekomendasi