Pengumuman Ketua Timses Jokowi Ingin Hadirkan Keterkejutan

| 07 Sep 2018 14:12
Pengumuman Ketua Timses Jokowi Ingin Hadirkan Keterkejutan
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Hari ini, bakal calon presiden Joko Widodo direncanakan akan mengumumkan nama yang ditunjuk sebagai ketua Tim Kampanye Nasional (TKN). Saat dimintai konfirmasi, Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto masih belum juga menyebut siapa nama Ketua tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf tersebut.

Hasto bilang, dalam pengumuman ketua TKN, koalisi ini ingin menghadirkan efek keterkejutan saat nama itu disebut oleh Jokowi sendiri.

"Pengumuman nama ketua mengendalikan elemen of surprise. Itu tentu saja dalam konteks mereka yang bisa bekerja sama dengan baik dengan pasangan calon. Sosok ini yang punya pengalaman dan kepemimpinannya diterima oleh semua, punya daya trobosan dan daya kreativitas yang baik," sebut Hasto di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/9/2018).

Politikus PDI Perjuangan itu melanjutkan, seluruh tim kampanye sudah menyatakan siap dengan keputusan dari Jokowi. Sistem, prosedur, dan program sudah dipersiapkan dengan baik tinggal menunggu pertajaman oleh ketua tim kampanye itu.

Kembali ke nama ketua, Hasto menuturkan ketua TKN yang dipilih merupakan salah satu dari beberapa kandidat yang sudah beredar serta telah memiliki pengalaman di kancah internasional.

"Yang jelas, dia punya hubungan baik dan membangun persahabatan dengan partai dan relawan serta para tokoh masyarakat. Dia juga punya pengalaman nasional dan internasional," tutur dia.

Untuk kamu tahu sebelumnya, desas-desus nama Ketua INASGOC Erick Thohir yang akan ditunjuk sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (KIK) semakin menguat. Apalagi, isu ini juga dibenarkan oleh bakal calon wakil presiden Ma’ruf Amin yang mendamping Joko Widodo di Pilpres 2019.

"Saya kira Erick Thohir kalau enggak salah sudah ditetapkan. Nanti akan diumumkan," kata Ma'ruf kepada wartawan di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/9).

Nama Erick Thohir memang nama yang tak pernah diperhitungkan di dunia politik sebelumnya. Apalagi, Erick memang seorang pengusaha. Namun, menurut Pengamat Politik dari Universitas Mercu Buana Jakarta, Maksimus Ramses Lalongkoe hal itu tak jadi masalah selama Erick dirasa mampu.

“Saya kira dalam politik itu kan tidak harus politisi. Kalau dia bisa memanajemen organisasi atau kelompok pemenangan, maka bisa saja dari satu tokoh dari latar belakang lain,” kata Maksimus kepada era.id beberapa waktu lalu

Lalu apa saja faktor yang menyebabkan Erick Thohir terpilih sebagai ketua tim kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin? Maksimus bilang, ada tiga faktor yang bisa jadi pertimbangan bagi Jokowi untuk memutuskan Erick Thohir yang akan mengkomandoi barisan pemenangannya.

Maksimus menyebut, keberhasilan Erick Thohir dalam pelaksanaan Asian Games 2018 bisa jadi salah satu faktor mengapa dirinya terpilih. Acara olahraga terbesar se-Asia ini dinilai berhasil dan mendapat apresiasi dari negara-negara lain yang turut mengirimkan kontingennya untuk bertanding dalam acara ini.

“Itu jadi salah satu faktornya. Faktor lain mungkin dia bisa menggalang kekuatan kelompok milenial dan mungkin soal finansial. Dia kan dulu orang yang ada di Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia), ya, tentu punya jaringan luas dari aspek finansial,” kata Maksimus.

Rekomendasi