Selain Andika Perkasa, Nama Ketum Kadin Arsjad Rasjid Masuk Bursa Timses Ganjar

| 04 Jul 2023 17:45
Selain Andika Perkasa, Nama Ketum Kadin Arsjad Rasjid Masuk Bursa Timses Ganjar
Arsjad Rasjid (Antara)

ERA.id - Nama Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arsjad Rasjid masuk bursa untuk menjadi bagian tim sukses (timses) Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Syaiful Hidayat mengaku sudah berkomunikasi dengan Arsjad maupun mantan Panglima TNI Andika Perkasa yang lebih dulu masuk bursa Timses Ganjar.

"Kalau pak Andika sudah ya, pak Arsjad juga pasti ya komunikasi. Komunikasi kita kan baik, PDI Perjuangan kan partai yang inklusif," kata Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Meski begitu, Djarot mengaku timses maupun tim kampanye untuk Ganjar belum terbentuk. Menurutnya, tim pemenangan ini dibentuk bersamaan dengan penetapan pasangan bacapres dan bacawapres.

Adapun saat ini PDIP baru mengusung Ganjar sebagai bacapres. Sementara bacawapresnya masih terus dikaji.

"Tim kampanye nasional itu akan dibentuk, disusun pasca pendaftaran (bacapres dan bacawapres). Pada saat pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden itu juga dimaksukan juga susunan tim kampanye nasional," papar Djarot.

Djarot menambahkan, saat ini Ketua DPP PDIP Puan Maharani masih menjaring nama-nama potensial dalam daftar timses Ganjar. Lalu akan dibahas bersama dengan partai politik pengusung.

Diharapkan timses tersebut solid dan menjangkau berbagai macam kalangan lintas generasi.

"Mbak Puan, Mas Nanan (Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo) bersama-sama dengan partai pendukung untuk mengevaluasi dan nantinya akan membentuk tim kampaye nasional," katanya.

"Sehingga diharapkan nanti tim kampanye nasional itu betul-betul kompak, solid, dan bisa menjangkau berbagai macam segmen masyarakat dan tokoh masyarakat sampai dengan anak-anak muda," imbuh Djarot.

Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa tak hanya digadang-gadang bakal menjadi ketua tim sukses (timses) Ganjar Pranowo. Tetapi juga cukup dipertimbangkan sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) dari gubernur Jawa Tengah itu.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuagan Hasto Kristiyanto mengatakan, sebagai mantan prajurit TNI, Andika memiliki doktrin untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

"Kalau kita melihat, beliau ini kan purnawirawan TNI. Doktrin yang ditanamkan sejak di Akmil memang siap menjalankan tugas bagi bangsa dan negara," kata Hasto di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, dikutip Minggu (25/6).

Namun, Hasto menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada keputusan final mengenai siapa yang terpilih sebagai bacawapres Ganjar di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

PDIP, kata Hasto, perlu berdialog dengan partai politik pengusung Ganjar yang lainnya. Selain itu, masukan dari masyarakat juga akan dipertimbangkan.

"Tapi terkait dengan cawapres siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar, nanti ada rembukan, musyawarah di antara parpol," katanya.

"Tapi kita juga mendengarkan suara rakyat, siapa yang paling cocok mendampingi Pak Ganjar guna melanjukan kepemimpinan Presiden Jokowi," sambung Hasto.

Adapun Andika mengaku siap jika ditunjuk sebagai ketua tim sukses Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Hal itu merespons soal kabar dirinya merapat ke PDI Perjuangan dan bakal diminta sebagai ketua timses.

"Ya siap kalau ditugaskan," kata Andika ditemui usai acara pucak Bulan Bung Karno (BKK) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6).

Namun, dia mengaku belum ada tawaran apapun yang memintanya sebagai ketua timses. Andika mengatakan, posisinya hanya menunggu saja.

"Iya, tapi kan belum ada keputusan, tunggu aja. Kita menunggu," ucapnya.

Rekomendasi