67 Penerbangan dari Bandara Soetta ke Bali Dibatalkan Saat Hari Raya Nyepi

| 22 Mar 2023 13:15
67 Penerbangan dari Bandara Soetta ke Bali Dibatalkan Saat Hari Raya Nyepi
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Sebanyak 67 penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang ke Bandara Ngurah Rai, Bali, dibatalkan pada Hari Raya Nyepi, Rabu (22/3/2023). Selama perayaan tersebut, Bandara Ngurah Rai juga tidak beroperasi.

"Sekitar 67 penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Denpasar, Bali berdasarkan izin rute AirNav Indonesia dibatalkan," ucap Deputi Perencanaan dan Evaluasi Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC), Tory Rukmono kepada wartawan, Rabu (22/3/2023).

Tory menuturkan total penerbangan yang dibatalkan seluruh bandara dengan tujuan Denpasar, Bali, sebanyak 350 baik domestik dan internasional.

"Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, akan ditutup selama 24 jam selama perayaan Nyepi. Penutupan dilakukan pada Rabu, 22 Maret 2023 pukul 06.00 Wita hingga pukul 06.00 Wita pada Kamis, 23 Maret 2023. Ada 350 penerbangan baik domestik dan internasional yang akan dibatalkan," jelasnya.

Tory menjelaskan penutupan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali sudah sesuai dengan surat yang dikeluarkan Kementrian Perhubungan (Kemenhub) terkait momen perayaan hari raya Nyepi.

"Iya sudah sesuai dengan notice to airman (pemberitahuan kepada penerbang) atau notam surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang terlihat area konter cek in penumpang domestik tujuan Bali sepi.

Di terminal tersebut hanya terlihat aktifitas penumpang untuk tujuan rute wilayah lain, padahal tujuan Bali merupakan rute terpadat dan favorit para penumpang untuk pergi berwisata.

Rekomendasi