Polda Metro Tiadakan Car Free Day Tiap Jumat Selama Bulan Puasa

| 24 Mar 2023 10:35
Polda Metro Tiadakan Car Free Day Tiap Jumat Selama Bulan Puasa
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Polda Metro Jaya meniadakan penerapan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di wilayahnya selama bulan Ramadan. Diketahui, setiap Jumat Polda Metro Jaya menggelar CFD.

"Iya (tidak ada CFD hari ini). Bulan Ramadan ini Polda Metro lakukan evaluasi untuk tidak memberlakukan CFD, wujud juga kepedulian selama jalani puasa di bulan Ramadan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Jumat (24/3/2023).

Sebelumnya, Polda Metro Jaya meminta maaf bila uji coba HBKB di wilayahnya malah membuat kemacetan panjang di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

"Tentu kami juga mohon maaf apabila terjadi ekses ini dan kami akan mensosialisasikan kembali," kata Trunoyudo Wisnu Andiko saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (17/3).

Trunoyudo menjelaskan Polda Metro Jaya melakukan uji coba car free day untuk mensosialisasikan masyarakat agar mau menggunakan transportasi umum. Kebijakan ini juga diklaim untuk mengurangi volume kendaraan dan kemacetan.

Dia pun menerangkan uji coba ini masih akan diberlakukan pada Jumat pekan depan dan masih terus dilakukan dievaluasi. Pembatasan kendaraan tak hanya untuk masyarakat, tapi juga ke seluruh personel Polda Metro Jaya. Namun terkait antisipasi yang akan dilakukan Polda Metro Jaya bila kebijakan ini malah kembali membuat kemacetan, tak Trunoyudo jelaskan.

"Iya, Jumat depan kita masih akan lakukan. Karena gerakan ini kan juga paralel dengan kebijakan untuk menggunakan transportasi umum," ucap Trunoyudo.

 

Rekomendasi