Satu Kandang Berisi 7.000 Ekor Ayam di Leuwiliang Bogor Hangus Terbakar

| 29 Mar 2023 03:03
Satu Kandang Berisi 7.000 Ekor Ayam di Leuwiliang Bogor Hangus Terbakar
Kebakaran kandang ayam di Bogor.

ERA.id - Sebuah kandang di peternakan yang berisikan 7.000 ekor ayam di Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, ludes terbakar.

Peristiwa yang terjadi pada Selasa (28/3/23) sekira pukul 02.50 WIB itu diduga karena adanya kebocoran pada gas yang digunakan untuk pemanas kandang.

"Dugaan (kebakaran) karena gas bocor. Kebakaran menyasar satu kandang (di peternakan) yang dengan 7.000 ayam di dalamnya. Ayam ini baru masuk satu minggu lalu," ungkap Komandan Sektor Damkar Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Ade Sukmayadi kepada wartawan.

Menurutnya, pihaknya mendapatkan laporan tersebut masyarakat. Mendapati itu, Damkar Sektor Leuwiliang dengan 13 personel dan dua unit mobil, langsung terjun ke lokasi.

Kata Ade, butuh waktu sekitar empat jam bagi petugas untuk memadamkan api di peternakan tersebut. Pemadaman sendiri dilakukan dengan cara cooling system atau menggunakan air untuk menurunkan radiasi panas demi menjadi kondusifitas di sekitaran lokasi kejadian.

"Petugas berangkat pukul 03.05 dan selesai penanganan api sekira 07.40 WIB," tutur Ade.

Dia pun mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati bahaya kebakaran selalu mengancam, dan perlu peningkatan kewaspadaan dini.

Rekomendasi