Polri Kerahkan 148.261 Personel untuk Amankan Libur Idulfitri 2023

| 06 Apr 2023 16:24
Polri Kerahkan 148.261 Personel untuk Amankan Libur Idulfitri 2023
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Pemerintah melakukan pengamanan untuk masyarakat yang akan melakukan mudik pada libur Lebaran 2023. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyebut Polri sendiri 148.261 personel untuk mengamankan Libur Idulfitri di tahun ini.

"Bapak kapolri akan menyiapkan personel sebanyak 148.261 orang," kata Muhadjir saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (6/3/2022).

Muhadjir menerangkan pemerintah memperpanjang cuti bersama libur Lebaran 2023, yakni dari 19-25 April. Pada tahun ini diperkirakan ada sekira 123,8 juta orang yang akan melakukan mudik.

Jumlah ini meningkat drastis bila dibandingkan tahun lalu yang hanya sekira 85 juta orang. Pemerintah pun memastikan sudah menyiapkan skenario untuk Idul Fitri 2023 agar masyarakat dapat dengan aman dan nyaman melakukan perjalanan mudik.

"Untuk itu sesuai dengan arahan Bapak Presiden kita harus menyiapkan dengan sebaik-baiknya agar bisa ditekan insiden maupun kecelakaan apalagi kecelakaan yang fatal," ujarnya.

Masyarakat kurang mampu yang tidak mudik akan diberikan bantuan sosial (bansos). Pemerintah akan memberikan bansos beras seberat 10 kilogram ke 21 juta keluarga penerima manfaat.

Di tempat yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menambahkan pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow, one way, dan ganjil genap saat libur Lebaran nanti. Rekayasa lalu lintas ini situasional.

"Berdasarkan pengalaman tentunya kita ingin mengevaluasi pada saat situasi arus volume kendaraan yang masuk ke jalur kendaraan volumenya sangat padat sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan, tentu skenario rekayasa kita persiapkan," ucap Listyo.

Rekomendasi