Topan Florence Tewaskan 23 Orang di East Coast

| 18 Sep 2018 10:39
 Topan Florence Tewaskan 23 Orang di East Coast
Ilustrasi (Pixabay)
Washington, era.id - Sedikitnya 23 orang tewas akibat Topan Florence, yang menerjang East Coast, AS, sejak pekan lalu. Demikian merupakan keterangan pemerintah setempat pada Senin (17/9/2018) dilansir dari Antara pada Selasa (18/9/2018).

"Hingga pagi ini, North Carolina mengkonfirmasi 17 kematian akibat topan tersebut," kata Gubernur Negara Bagian itu Roy Cooper pada Senin. Enam kematian lagi telah dilaporkan dari South Carolina.

Lebih dari 1.100 jalan di North Carolina masih ditutup pada Senin, kata Departemen Transportasi Negara Bagian itu. Sementara, di South Carolina, pemerintah melaporkan, terjadi penutupan di 150 jalan gara-gara banjir tinggi pada Senin.

Kemudian, sebanyak 460.000 orang di North Carolina dan 10.000 di South Carolina tak memperoleh listrik. Serta, banyak sekolah di dua negara bagian itu ditutup dan menunda kegiatan belajar-mengajar.

Saat ini, ada lebih dari 14.000 pengungsi di berbagai tempat penampungan di North Carolina, kata Roy Cooper, yang juga terus memberikan peringatan waspada, "bahaya masih mengancam dalam waktu dekat".

Moody's Analytics mulanya telah memperkirakan biaya akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh Badai Florence antara 17 miliar dan 22 miliar dolar AS, sehingga membuatnya badai ke-10 yang menimbulkan paling banyak kerusakan dalam sejarah AS.

Sebagian kerugian tersebut adalah kerugian harta, dengan kerugian ekonomi berjumlah satu miliar sampai dua miliar dolar secara keseluruhan, kata laporan NPR.

Florence, yang memasuki daratan sebagai Badai Kategori 1 pada Jumat pagi dan belakangan melemah jadi topan tropis, sekarang menjadi depresi tropis. 

Namun, banjir yang mengancam, diperkirakan masih mungkin terus terjadi sepanjang pekan ini, kata Dinas Cuaca Nasional pada Senin.

Tags : cuaca ekstrem
Rekomendasi