Soal Kamar Tahanan, Novanto: Tak Ada yang Mewah

Tim Editor

Mantan Ketua DPR Setya Novanto (Tasya/era.id )

Jakarta, era.id - Ombudsman RI mendapati kamar tahanan yang ditempati Mantan Ketua DPR Setya Novanto lebih mewah dibanding kamar tahanan lain. Meski begitu, Novanto menyebut kamar tahanan yang ditempatinya di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin Bandung tidak mewah.

"Kalau masalah yang saya tempati itu, tidak ada yang mewah dan itu kan Ombudsman secara fakta sudah melihat, mengatakan tidak ada yang mewah, tapi tempat yang saya tempati memang sudah demikian," kata Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa (18/9/2018).

Seperti yang kalian tahu, kalau Novanto menempati kamar tahanan di Lapas Sukamiskin dengan ruangan yang lebih luas dari ukuran standart 3x5 meter. Kata Novanto, kamar tahanan yang sempat ditempatinya itu saat dirinya masih menjalani masa orientasi.

"Sebelumnya saya sedang orientasi. Saat orientasi saya dapat yang kurang bagus. Tempat itu sebenarnya ada beberapa tipe, ada yang besar ada, ada yang kecil dan Sukamiskim sejak zaman Belanda 1918 itu memang sudah demikian. Nah ini (sudah) 100 tahun pada tahun ini," jelas Novanto.

Soal kamar tahanan yang ditempatinya berlapis dengan wallpaper, Novanto bilang kalau kondisi ruangan itu sudah berdebu dan atap kayu kamarnya sudah lapuk. Sehingga mengganggu kesehatan Novanto.

"Memang temboknya itu kalau tidak pakai cover, artinya tidak pakai wallpaper atau kayu tipis, berbahaya karena debu. Apalagi saya punya (masalah) kesehatan kan, itu bisa paru-paru basah dan semuanya kan lihat di foto sendiri, sederhana sekali. Hanya ada kasur dan ya meja juga hanya ukuran 40 cm," tambah Novanto.

Novanto menyebut selnya itu sangat sederhana. Bahkan Ia mengaku hanya menempati kamar tahanan bekas Wali Kota Palembang Romy Herton yang sudah meninggal dunia.

"Sel itu kan sudah ada tipe kecil, ada yang tipe besar. Jadi memang itu memang saya terima kasih ya itukan bekas Romy Herton ya, pada saat sebelum meninggal, baru saya. Jadi waktu saya tempati ya memang keadaannya begitu dan gara-gara waktu itu diekspose semua pada partisipasi, lapas juga menyediakan tempat, memang ada yang kecil ada yang besar. Jadi biasa saja," kata dia.

Kemewahan sel yang ditempati Novanto terkuak ketika Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (sidak). Tampak kamar tahanan Novanto disebut luas dan mewah dibanding dengan kamar tahanan napi lainnya.

Tag: setya novanto lapas korupsi e-ktp

Bagikan: