Menhub Mengaku Diperintahkan Presiden Jokowi untuk Sediakan Mudik Gratis

| 16 Apr 2023 07:05
Menhub Mengaku Diperintahkan Presiden Jokowi untuk Sediakan Mudik Gratis
Menhub Budi Karya Sumadi dan Menko PMK Muhadjir Effendy berbincang dengan pemudik yang membawa sepeda motor di Pelabuhan Tanjung Priok, Sabtu (15/4/2024). (ANTARA/Fauzi Lamboka)

ERA.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan dia diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyediakan mudik gratis.

"Saya diperintahkan presiden untuk menyediakan mudik gratis yang disiapkan buka puasa dan makan sahur," katanya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu petang.

Selain itu, Menhub juga mengingatkan kembali kepada pemudik untuk tetap berhati-hati dan tetap menjaga kesehatan agar selamat sampai di kampung halaman.

Dia menjelaskan mudik gratis dengan kapal laut itu sebagai upaya untuk mengalihkan kepadatan pemudik dengan sepeda motor. Di mana pemudik dengan sepeda motor sangat rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selain itu untuk memperkenalkan pemudik yang belum pernah menggunakan transportasi laut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melepas ribuan pemudik menggunakan KM Dobonsolo.

Dia menjelaskan mudik menggunakan kapal pada dasarnya sudah masif di beberapa wilayah seperti Sorong, Ambon, Sulawesi, Banjarmasin, Samarinda, Pangkalan Bun, Balikpapan hingga Medan.

"Kalau menggunakan kapal memakan waktu satu minggu, jadi sejak tiga sampai empat hari yang lalu sudah berjalan," ungkapnya.

Menhub menegaskan sejauh ini belum ada masalah terkait program mudik gratis di seluruh wilayah Indonesia.

Bahkan kata dia, otoritas BMKG telah menyarankan untuk memantau dan berkoordinasi terkait laporan cuaca yang telah dikeluarkan BMKG.

Rekomendasi