Jokowi Sebut Arus Mudik Lebaran 2024 Lebih Baik Dibandingkan Tahun Lalu

| 08 Apr 2024 14:01
Jokowi Sebut Arus Mudik Lebaran 2024 Lebih Baik Dibandingkan Tahun Lalu
Presiden Joko Widodo saat tinjau mudik di Stasiun Pasar Senen. (Biro pers Istana)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, pelaksanaan mudik Lebaran 2024 jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, tidak terjadi antrean pemudik yang terlalu panjang di terminal, stasiun maupun bandara.

Hal ini Jokowi sampaikan usai meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024). Dalam kesempatan itu, dia didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Kalau dibandingkan dengan tahun-tahun lalu, saya kira tahun ini jauh lebih bagus," kata Jokowi kepada wartawan di lokasi.

"Saya enggak melihat ada antrean yang terlalu panjang yang ada di airport (bandara), di stasiun, atau di terminal yang begitu ramai dan berdesak-desakan. Saya lihat enggak ada," sambungnya.

Selain itu, Jokowi juga memuji pengelolaan arus mudik di Stasiun Pasar Senen. Sebab, ia mengungkapkan, saat meninjau lokasi tersebut, dirinya tidak melihat penumpukan penumpang. 

"Sampai di atas kereta saya lihat rapi, baik, tidak ada yang berdesak-desakan," ungkap Jokowi.

Meski demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini sempat menyinggung soal pemotor yang mudik melalui Pelabuhan Merak. Dia mengaku, sudah meminta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk melakukan perbaikan agar tidak terjadi kepadatan menuju ke Pelabuhan Bakauheni.

"Saya melihat secara umum sedikit yang perlu penanganan lebih fokus, di Merak. Merak utamanya yang berkaitan dengan yang naik sepeda motor. Tadi (sudah) minta penjelasan Pak Menhub, semuanya sudah dicarikan solusi," jelas Jokowi.

Rekomendasi