Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak dan Bakauheni Diprediksi Besok

| 20 Apr 2023 23:05
Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak dan Bakauheni Diprediksi Besok
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memantau arus mudik di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Ia meminta ASDP Indonesia bersiaga mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik yang diperkirakan mencapai puncaknya pada Sabtu (21/4/2023).

Dari laporan ASDP Indonesia, lanjut Erick, kenaikan arus mudik juga terjadi dari Bakauheni menuju Merak. Di mana kenaikan tercatat mencapai 30 persen.

"Tadi saya mendapat laporan dari Ibu Dirut (ASDP), sudah mulai terjadi kenaikan arus mudik dari Bakauheni menuju Merak sekitar 30 persen. Saya sudah meminta kepada ASDP dan seluruh BUMN untuk tetap siaga dan meningkatkan pelayanan kepada para pemudik," tegasnya di lokasi, Kamis (20/4/2023).

Erick menyebutkan, momentum mudik lebaran kesempatan bagi perusahaan pelat merah untuk hadir di tengah-tengah masyarakat. Hal ini lantaran dapat membantu mereka kampung halaman dengan aman dan nyaman.

Selain itu, dalam pantauannya arus mudik di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, relatif lancar. Pernyataan ini berdasarkan tinjauannya di dua kawasan tersebut.

Dia mengatakan kondisi di pintu masuk Pelabuhan Merak masih terlihat lancar pada pukul 10.30 WIB, setelah dia memantau pergerakan kendaraan di jalan tol Jakarta-Merak dengan menggunakan helikopter.

"Menuju Pelabuhan Merak, Banten, memantau infrastruktur mudik jelang lebaran. Bismillah. Situasi jalan tol Jakarta menuju Merak di titik saya memantau masih terlihat lancar," ungkapnya.

Usai memastikan kondisi di Pelabuhan Mereka aman, Erick langsung bertolak dan mendarat di Pelabuhan Bakauheni, pada pukul 10.55 WIB. Situasi di Pelabuhan Bakauheni, meski mulai mengalami peningkatan pemudik, namun masih relatif lancar.

Rekomendasi