Ada 1,6 Juta Kendaraan Lintasi Tol Tangerang-Merak Selama Arus Mudik 2023

| 24 Apr 2023 19:15
Ada 1,6 Juta Kendaraan Lintasi Tol Tangerang-Merak Selama Arus Mudik 2023
Suasana Tol Tangerang-Merak, Banten. (Muhammad Iqbal)

ERA.id - Astra Tol Tangerang-Merak mencatat sebanyak 1.665.567 kendaraan melintas di ruas jalan Tol Tangerang-Merak. Angkat tersebut selama berlangsungnya arus mudik lebaran IdulFitri 1444 Hijiriah.

Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Tol Tangerang-Merak, Uswatun Hasanah merinci jumlah itu terhitung sejak H-10 atau 12 April 2023. Selain itu terjadi pula sampai hari kedua Lebaran 23 April 2023.

"Tercatat puncak trafik tertinggi terjadi di Gerbang Tol Merak yang menyentuh angka 21.716 kendaraan per hari. Untuk arus mudik tahun ini di ruas jalan Tol Tangerang-Merak cenderung normal lancar," katanya dalam keterangan, Senin (24/4/2023).

Uswatun menyebutkan, tingginya angka pemudik dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di antaranya cukup efektifnya upaya peningkatan kapasitas layanan transaksi, peningkatan kapasitas lajur jalan tol maupun layanan pendukung di ruas Tol Tangerang-Merak seperti kapasitas parkir dan toilet.

“Selain itu, pengelolaan trafik yang cukup matang oleh berbagai pihak. Di antaranya mekanisme distribusi lalu lintas kendaraan angkutan ketiga pelabuhan yaitu Merak, Ciwandan, dan BBJ Bojonegara, serta efektivitas sosialisasi pembatasan kendaraan angkutan barang sehingga angkutan barang melintas lebih awal mengkonfirmasi,” bebernya.

Uswatun menambahkan, pihaknya tetap memberikan layanan ekstra dan apresiasi bagi pengguna jalan yang melintas. Terpantau sampai dengan hari ini, layanan tambahan transaksi dan layanan pendukung seperti area parkir dan toilet termanfaatkan dengan layak.

Rekomendasi