Sambut Mudik Lebaran 2023, Rest Area Tol Tangerang-Merak Bakal Diperluas

| 10 Mar 2023 22:56
Sambut Mudik Lebaran 2023, Rest Area Tol Tangerang-Merak Bakal Diperluas
Ilustrasi Tol Tangerang-Merak (Antara)

ERA.id -  Astra Tol Tangerang-Merak melakukan percepatan proyek konstruksi pelebaran lajur ke-3 pada ruas Cikande-Serang Timur. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mempersiapkan periode mudik lebaran tahun ini.

"Selain itu, kami pun berupaya melakukan penutupan lubang di titik dominan secara intensif di jalur tol Tangerang-Merak," ujar Presiden Direktur Astra Tol Tangerang-Merak, Kris Ade Sudiyono, Jumat (10/3/2023).

Kris menuturkan, terdapat beberapa titik yang difokuskan sebagai area rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak saat lebaran.

"Rest area KM 43 A dan rest area KM 68 A yang akan digunakan untuk sebagai area rekayasa lalu lintas. Selain itu area KM 97 A yang akan dijadikan buffer zone atau kantong parkir tambahan dengan melakukan upaya landclearing dan perkerasan sementara," jelasnya.

"Kami siap mendukung rencana pemerintah dalam mengantisipasi kepadatan pada saat arus mudik lebaran 2023," imbuhnya.

Kris menjelaskan, pihaknya turut mendukung ASDP sebagai pengelola pelabuhan dalam pengaturan kendaraan yang akan menuju ke Pelabuhan Merak, seperti mengalihfungsikan gerbang tol Balaraja Timur lama yang sudah tidak dioperasikan tepatnya di KM 36 sebagai area parking bay.

"Selain itu kami pun menyiapkan perluasan lahan di rest area KM 43 arah Merak yang harapannya dapat menampung volume kendaraan yang lebih banyak," katanya.

Kris menambahkan, agar pihak ASDP untuk turut dapat memastikan kelancaran proses ticketing dan manifest calon pemudik yang akan menyeberang dari pelabuhan Merak ke Bakauheni.

"Prediksi peningkatan arus mudik lebaran 2023 ini mendorong kami untuk mengoptimalkan fasilitas serta layanan bagi para pengguna jalan," ungkapnya.

Kris berharap, dengan adanya pekerjaan proyek pelebaran, perluasan rest area, penambahan parking bay, dan pembuatan buffer zone tersebut. Hal itu dapat meningkatkan kapasitas jalan yang aman dan nyaman untuk berkendara bagi masyarakat saat arus mudik maupun ke depannya.

Rekomendasi