Sejarah Hari Surya Sedunia, Begini Asal-usulnya, Sudah Tahu?

| 03 May 2023 21:05
Sejarah Hari Surya Sedunia, Begini Asal-usulnya, Sudah Tahu?
Ilustrasi Matahari (Pixabay)

ERA.id - Tahukah Anda, tanggal 3 Mei setiap tahunnya ternyata diperingati sebagai Hari Surya Sedunia atau World Sun Day. Adapun peringatan Hari Surya Sedunia pada tahun ini jatuh pada hari Rabu. Lantas, bagaimanakah sejarah Hari Surya Sedunia ini? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Hari Surya Sedunia 2023 atau World Sun Day 3 Mei 2023 diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global mengenai pentingnya fungsi dan manfaat matahari untuk kehidupan.

Oleh karena itu, pada 3 Mei 2023 diperingati Hari Surya Sedunia 2023 atau World Sun Day dengan tujuan untuk mengingatkan agar selalu menjaga kelestarian alam beserta lingkungannya.

Lantas, seperti apa awal mula peringatan Hari Surya Sedunia 2023 ini? Di bawah ini akan dijelaskan sejarah dan tujuan peringatan Hari Surya Sedunia seperti yang dikutip dari beberapa sumber.

Sejarah Hari Surya Sedunia

Seperti yang kita ketahui, matahari adalah pusat tata surya di mana di dalamnya terdapat planet-planet dan benda angkasa lain yang bergerak mengelilinginya.

Pergerakan rotasi Bumi mengakibatkan adanya siang dan malam, adapun pergerakan Bumi mengelilingi Matahari menimbulkan adanya musim.

Ilustrasi peran matahari (Pixabay)

Cahaya Matahari menjadi penopang dari kelangsungan seluruh makluk hidup yang ada di Bumi dan menjadi sumber energi. Cahaya Matahari juga dimanfaatkan secara langsung oleh tumbuhan berklorofil untuk proses fotosintesis, sehingga tumbuhan dapat tumbuh dan juga menghasilkan oksigen serta berperan sebagai sumber pangan bagi hewan dan manusia. Makhluk hidup yang telah mati akan diubah menjadi fosil yang menghasilkan minyak Bumi dan batu bara sebagai sumber energi melalui proses alamiah. Hal ini adalah peran dari Matahari secara tidak langsung.

Melansir situs National Today, pada tahun 1978 Hari Surya Sedunia ditetapkan oleh mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Jimmy Carter. Tujuan Hari Surya Sedunia ini adalah untuk mempromosikan energi matahari sebagai sumber energi yang layak dan ramah lingkungan.

Sejarah Hari Surya Sedunia diusulkan oleh seorang tokoh bernama Denis Hayes, seorang advokat lingkungan Amerika dan pendukung tenaga surya. Dia menjadi populer sebagai koordinator untuk Hari Bumi pertama yang diselenggarakan pada tanggal 22 April 1970.

Gagasan tentang Hari Surya Sedunia oleh Denis Hayes itu pun mendapat sambutan dengan hangat oleh kongres. Selanjutnya pada tahun 1978, Presiden Amerika Jimmy Carter mendeklarasikan tanggal 3 Mei sebagai peringatan Hari Surya Sedunia.

Apa Tujuan dari Peringatan Hari Surya Sedunia Ini?

Peringatan Hari Surya Sedunia ini bertujuan untuk mengajak warga dunia memahami mengenai pentingnya sumber energi terbarukan, khususnya sumber energi matahari ini.

Peringatan ini juga hendak menyampaikan pesan mengenai pentingnya peran matahari yang begitu besar untuk kelangsungan kehidupan manusia dan makhluk hidup yang lain.

Dengan demikian, semua orang akan memiliki kesadaran baru untuk menjaga lingkungan yang ada di sekitarnya.

Demikianlah penjelasan mengenai sejarah Hari Surya Sedunia yang diperingati pada hari ini, Rabu, 3 Mei 2023. Dengan adanya peringatan ini, semoga kita semakin memiliki kesadaran akan pentingnya lingkungan sekitar sehingga kita dapat menjaga secara maksimal.

Ikuti Artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi