Bentrok Dua Kubu saat Demo, Sejumlah Mahasiswa Medan Ditangkap Polisi

| 21 Sep 2018 11:49
Bentrok Dua Kubu saat Demo, Sejumlah Mahasiswa Medan Ditangkap Polisi
Ilustrasi (Pixabay)
Medan, era.id - Personel Polrestabes Medan menangkap sejumlah mahasiswa yang terlibat bentrok saat menyampaikan aspirasi di Gedung DPRD Sumatera Utara di Jalan Imam Bonjol, Medan, Kamis (20/9) kemarin. Mahasiswa yang ditangkap berasal dari kubu yang mengatasnamakan Masyarakat Pecinta Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. 

Dilansir dari Antara Jumat (21/9/2018), Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, bilang polisi juga telah menyita sepeda motor yang digunakan mahasiswa, saat melakukan aksi unjuk rasa tersebut.

Saat ini, menurut dia, kondisi terkini dan situasi di lokasi unjuk rasa yang sempat memanas itu, sudah kondusif, aman, tertib dan dapat dikendalikan oleh aparat keamanan.

"Sejumlah mahasiswa yang mengalami luka-luka, saat terjadinya saling lempar diantara kedua kubu itu, masih kita data," ujar Dadang.

Peristiwa bentrok ini berawal ketika aksi ratusan mahasiswa yang mengatasnamakan Aliansi Pergerakan Mahasiswa se-Kota Medan datang ke kantor DPRD Sumut, dan meminta Pemerintahan Jokowi-JK bertanggung jawab atas kondisi yang terjadi di Indonesia saat ini.

Suasana sempat memanas, karena masa Pro Jokowi yang mengatasnamakan Masyarakat Pecinta NKRI mengejek dan melempari mahasiswa, kemudian dilerai pihak kepolisian untuk menciptakan suasana kondusif.

Setelah dilerai oleh petugas kepolisian, massa mahasiswa kembali melakukan aksi depan kantor DPRD Sumut.

Tidak berapa lama kemudian, massa dari kelompok Masyarakat Pecinta NKRI, hendak melewati massa mahasiswa dengan menggas sepeda motor mereka dan membunyikan klakson.

Diduga berawal dari peristiwa tersebut, massa dari mahasiswa memanas dan terjadi saling lempar batu antara kedua belah pihak.

Meski sudah diimbau dan diperingati oleh petugas kepolisian, namum kedua belah pihak yang bersiteru itu tidak mengindahkan.

Suasana berubah menjadi tak terkendali, mahasiswa berlarian menuju jalan Hindu, jalan Imam Bonjol dan sebagian berada di jalan Pengadilan Medan.

Selanjutnya, petugas kepolisian secara tiba-tiba mengambil tindakan tegas untuk mengamankan kerusuhan dengan memukul mundur massa mahasiswa tersebut.

Tags : demo
Rekomendasi